Hamil selama 37 tahun, wanita ini lahirkan bayi yang sudah membatu

Dokter sebut bayi alami mumifikasi

Ilustrasi bayi. (ISTIMEWA)

LENSAINDONESIA.COM: Seorang perempuan di Jambi melahirkan bayi yang sudah dalam keadaan membatu, menurut dokter karena bayi tersebut mengalami mumifikasi setelah bertahun-tahun berada dalam kandungan sang ibu.

Dengan operasi selama sekitar 2,5 jam di Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi pada Senin (6/3/2017), para dokter mengeluarkan bayi dalam keadaan tidak bernyawa yang menurut perkiraan sudah 37 tahun berada dalam kandungan sang ibu tersebut.

“Pasien ditangani oleh dr Parianto SpOG. Operasi berlangsung sekitar 2,5 jam pada Senin kemarin,” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama RSUD Raden Mattaher Jambi drg Iwan Hendrawan, Selasa (7/3/2017).

“Waktu dikeluarkan, bayinya sudah membatu. Karena terlalu lama dalam kandungan, bayi itu mengalami mumifikasi,” katanya.

Perempuan yang melahirkan bayi itu usianya 60 tahun dan tidak mengetahui bahwa dia sedang mengandung.

Keberadaan bayi dalam kandungannya diketahui setelah sang ibu memeriksakan diri ke dokter, yang kemudian mendeteksi keberadaan bayi dalam kandungan perempuan asal Kabupaten Tanjungjabung Timur itu.

Iwan menjelaskan kasus bayi yang mengalami mumifikasi tergolong langka di dunia. Dalam 400 tahun terakhir, menurut dia, hanya ada 300 kasus bayi membatu atau lithopedion di dunia.@ant/licom