Menikmati sore dengan rondo royal dan wedang jawi

Resep dari Hotel Santika Jemursari

Rondo Royal pas menemani sore di akhir pekan. (LICOM/Nani Mashita)

LENSAINDONESIA.COM: Akhir pekan memang jadi momen untuk menyegarkan diri dan menghabiskan waktu dengan keluarga. Tawa dan canda menjadi obat yang manjur untuk menghapus segala lelah dan letih.

Untuk melengkapi kebahagiaan berkumpul keluarga, boleh nih kita menyajikan camilan yang sehat dan enak. Salah satunya rondo royal.

Rondo Royal pas menemani sore di akhir pekan. (LICOM/Nani Mashita)

Camilan dari bahan tape ini merupakan jajanan tradisional khas Indonesia. Nony Amartha, Chef Pastry dari Hotel Santika Jemursari Surabaya memberikan tips bagaimana membuat rondo royal ini.

Bahan:
– Gula 1 sendok teh
– Tape (Chef Nony menggunakan tape Bondowoso) 30 gram
– Tepung terigu 100 gram
– Tepung beras 200 gram
– Telur 100 gram
– Susu cair 250 gram

Isi
– Gula Jawa yang dibuat jadi caramel 100 gram

Cara membuat:
1. Pilih tape yang sudah matang. Lalu tape tersebut dihancurkan hingga halus.

2. Buat adonan kulit yang terdiri dari campuran tepung beras, tepung terigu, gula, dan susu. “Secara tradisional, orang Indonesia menggunakan tepung beras untuk efek crispy pada masakannya,” jelas Chef Nony.

3. Setelah itu, tape yang dihancurkan tadi dibuat bentuk bola lalu di bagian tengah dibuat lubang kecil. Masukkan sedikit demi sedikit gula merah yang sudah dicairkan tadi. Lalu tutup hingga rapat.

4. Gulingkan ke adonan tepung tadi lalu goreng hingga kecoklatan. Lalu sajikan.

Wedang Jawi as menemani sore di akhir pekan. (LICOM/Nani Mashita)

Sebagai teman menikmati kudapan rondo royal ini, Chef Nony juga memberi resep menyajikan tips Wedang Jawi. Jika biasanya wedang terdiri dari jahe maka Chef Nony menambahkan lemon dan sereh. “Supaya tidak hanya ada sensasi pedas dari jahenya tapi juga ada kesegarannya dan tubuh jadi lebih hangat,” pungkasnya. @sita