Militer Suriah tembak jatuh jet tempur Israel yang akan serang konvoi Hizbullah

Rusia panggil Dubes Israel

Ilustrasi jet tempur Israel ditembak jatuh

LENSAINDONESIA.COM: Militer Suriah menembak jatuh jet tempur Israel yang terbang di wilayah udaranya setelah terlibat baku tembak. Rusia yang juga sekutu Presiden Bashar al-Assad juga tak senang dengan keberadaan jet negeri yahudi tersebut.

Dilansir usatoday.com, Senin (20/3/2017), Kementerian Luar Negeri Rusia langsung memanggil duta besar Israel di Moskow untuk menjelaskan insiden itu secara langsung.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Mikhail Bogdanov, mengungkapkan keprihatinan atas baku tembak antara militer Suriah dengan jet tempur Israel. Diduga kuat pesawat itu menjalankan misi menghancurkan konvoi kelompok militan Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah.

Milisi Hizbullah sendiri diketahui berada di Suriah untuk membela pemerintahan Assad dari serangan kelompok pemberontak dan ISIS.

Dalam laporannya, kantor berita Rusia RIA Novosti mengutip pernyataan Bogdanov yang mempertanyakan Dubes Israel, Gary Koren, atas misi jet tempur tersebut. Namun tidak dijelaskan secara detil penjelasan yang diberikan Koren. @mc/LI-15