Para pramugari bantu persalinan bayi di atas 12.800 meter

Dari maskapai Turkish Airlines

Pramugari Turkish Airlines dengan bayi Kadiju. (TURKISH AIRLINES)

LENSAINDONESIA.COM: Para awak kabin Turkish Airlines yang sedang melayani penerbangan, merayakan kedatangan penumpang tambahan di ketinggian 12.800 meter ketika seorang ibu melahirkan bayi perempuannya.

Para penumpang juga membantu proses persalinan itu, yang berlangsung tak lama setelah lepas landas dalam penerbangan dari ibukota Guinea, Conakry ke Istanbul via Ouagadougou, Burkina Faso.

Ibu dan bayi yang diberi nama Kadiju, langsung dibawa ke rumah sakit segera setelah pesawat Boeing 737 itu mendarat di ibukota Burkina Faso.

Kesehatan bayi Kadiju dilaporkan sangat baik di rumah sakit di Burkinna Faso, setelah lahir di tengah penerbangan. Para staff Turkish Airlines dipuji untuk respons mereka yang tenang dalam menghadapi persalinan mendadak sang bayi.

Sang ibu dan bayinya kini dilaporkan mengalami kelelahan tetapi dalam kondisi kesehatan yang baik.

“Awak kabin memperhatikan bahwa seorang penumpang perempuan bernama Nafi Diaby, (yang) masuk ke pekan 28 kehamilannya, mengalami rasa sakit melahirkan,” kata sebuah pernyataan Turkish Airlines.

Para awak langsung bertindak dengan membantunya melakukan persalinan saat dalam penerbangan.

Sebagian besar maskapai penerbangan mengizinkan perempuan yang sedang mengandung hingga pekan ke-36 kehamilan untuk terbang, namun mensyaratkan pernyataan dari dokter setidaknya sejak pekan ke-28 kehamilan, yang memapar dugaan waktu persalinan.@bbc/licom