Ini cerita Dian Sastro saat berperan jadi Kartini

Gunakan real emotion

Para pemeran Film Kartini (ka-ki) Ayushita sebagai Kardinah, Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini dan Denny Sumargo sebagai Raden Mas Slamet. Foto: Sarifa-lensaindonesia

LENSAINDONESIA.COM: Pemeran utama Film Kartini Dian Sastrowardoyo menceritakan pengalamannya saat berakting menjadi Raden Ajeng Kartini. Dalam film besutan Sutradara Hanung Bramantyo itu, Dian mengaku tak kesusahan berperan menjadi Kartini lengkap dengan segala adat budaya jawa yang melekat.

Kartini merupakan anak dari Bupati Jepara di masanya. Seorang Kartini juga dituntut untuk menjaga sopan santun termasuk perilakunya karena ia bergelar Raden Ajeng. Tak hanya itu, Dian juga tampak fasih saat berperan sedih yang mengharuskan dirinya menangis.

“Kalau nangis ya nangis beneran. Yang paling buat saya nangis itu saat adegan dengan Ibu Christine Hakim (Ngasirah, ibu kandung Kartini). Kan kalau berakting itu harus dengan real emotion,” ujar Dian sastro ditemui LICOM usai nonton bareng Kartini bersama Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan Ketua Umum BKOW Jatim Fatma Saifullah Yusuf di The Premiere Ciputra World Mall Surabaya, Selasa (18/4/2017).

Wanita yang juga ibu dari dua anak itu menegaskan dirinya sangat menghayati perannya sebagai RA Kartini. Ia berharap film Kartini juga bisa menginspirasi semua perempuan di Indonesia agar terus berjuang untuk mendapatkan hak-hak yang setara dengan laki-laki.

“Mudah-mudahan ada benih inspirasi di film kami. Perempuan Indonesia harus memberi berkontribusi untuk kemajuan bangsa,” tegas pemeran Cinta di Film Ada Apa Dengan Cinta ini.
Selain itu, Dian Sastro menyebut keberhasilannya memerankan sosok Kartini tak lepas pula dari dukungan serta doa dari suami dan keluarganya.

“Peran suami dan keluarga penting. Saya selalu minta doa mereka. Setiap saya mau adegan yang menurut saya agak susah, saya selalu telpon mama dan suami. Ma doain ya aku ini mau adegan ini dan Alhamdulillah berkat dukungan dan doa mama juga suami saya diberi kemudahan dan kelancaran saat berakting,” imbuh Dian.

Sementara itu, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang juga hadir dalam nobar Kartini tadi menambahkan bahwa sehebat apapun sutradara dan sekenario, serta secanggih apa pun peralatannya kalau tak didukung pemain hebat juga tidak akan sukses filmnya.

“Di film Kartini ini saya melihat semua saling mendukung dan hasilnya oke. Pemain-pemain di film ini bagus. Mbak Dian apalagi, bagus sekai aktingnya,” tukas Gus Ipul.@sarifa