Kerusakan jaringan akses data Telkom pulih kembali

Diterpa sambaran petir

Komunikasi data Kamis (20/04/2017) sekitar pukul 14.00 pada pelanggan Telkom dan Telkomsel area Jatim, Bali Nusra akhirnya teratasi. Foto,ilust-ist

LENSAINDONESIA.COM: Terjadi gangguan komunikasi data Kamis (20/04/2017)sekitar pukul 14.00 pada pelanggan Telkom dan Telkomsel area Jatim, Bali Nusra akhirnya teratasi dengan baik dan pulih kembali seperti normalnya.

“Sebenarnya, jika ada satu link Telkom terganggu dan mengalami kerusakan, maka ada satu link lagi yang tetap bisa memback up sehingga masih bisa berfungsi melewatkan traffik. Namun, berhubung kasus ini kedua link backbone tersebut terkena gangguan, maka otomatis komunikasi data pelanggan terganggu, baik Telkom maupun Telkomsel,” ujar Suparwiyanto, Executive Vice President Telkom Regional 5 Jatim Bali Nusra.

Suparwiyanto menambahkan, penyebab gangguan tersebut diantaranya, sebab perangkat Telkom di Batam terkena sambaran petir dan juga pada link backbone yang satunya di ruas Rengat mengalami putus kabel fiber optik.

“Recovery sudah dilakukan team teknis dan traffik komunikasi data dan berangsur normal sejak pukul 17.00 secara bertahap. Untuk jalur backbone yang rusak perangkat bakal segera tersolusikan pada hari Jumat siang (21/04/2017).

Guna percepatan recovery hari ini, Telkom akhirnya menghidupkan route ketiga yang harusnya dihidupkan Juni nanti untuk antisipasi lonjakan traffik di Ramadhan-Idul Fitri.@Rel-Licom