Punya hutang pajak, Komisi B minta PDPS diaudit Inspektorat

Rekening diblokir Dirjen Pajak

Anggota Komisi B DPRD Surabaya, Akhmad Zakaria. Foto: Iwan/LensaIndonesia.com

LENSAINDONESIA.COM: DPRD Surabaya menyesalkan kinerja Direksi PD Pasar Surya yang dianggap tidak becus bekerja sehingga rekeningnya diblokir karena menunggak pajak. Anggota Komisi B DPRD Surbaya, Akhmad Zakaria menyampaikan kondisi manajemen di internal PD Pasr Surya sendiri sampai saat ini tidak ada laporan keuangan.

“Komisi B sampai saat ini belum pernah di memberikan laporan ketika diminta. Makanya kalau saat ini diblokir ya harus dijelaskan alasanya kenapa sampai menunggak pajak,” kata politisi PKS ini.

Karena itu, pihaknya meminta kepada inspektorat untuk memeriksa keuangan PD Pasar Surya secara keseluruhan sehingga diketahui kondisi finansial apakah masih ada kasnya atau tidak.

“Makanya kita sejak dulu kita meminta kepada inspekrtorat untuk melakukan audit keuangan. Kenapa harus ditutup-tutupi kalau tidak ada masalah,” tegasnya.

Sementara itu, terkait solusi untuk membayar tunggakan pajak sebesar Rp 8 miliar tersebut, Wakil Ketua DPRD Surabaya, Masduki Toha mengatakan mengusulkan pengucuran dana cadangan dari pemerintah kota untuk melunasi.

“Ada dana cadangan, tetapi harus melalui persetujuan dari DPRD Surabaya,” kata politisi PDIP ini.

Saat ditanya apakah bisa diatasi dengan APBD Surabaya 2017, Masduki mengatakan untuk mengatasi persoalan tersebut tidak bisa menggunakan APBD karena tidak masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

Salah satu cara yang kemungkinan bisa dipakai adalah menggunakan dana cadangan. “Ini kondisi emergensi, kalau tidak diselamatkan maka seluruh kegiatan PD Pasar berhenti,” katanya.

Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Pajak Direktorat Jendral Pajak (DJP) Kanwil Jatim I, Ardhie Permadi, sebelumnya mengatakan pemblokiran terjadi lantaran PD Pasar Surya tidak melakukan pembayaran cicilan pajak setahun terakhir.

Dirjen Pajak sebelumnya telah menyupayakan cara agar PD Pasar Surya dapat melunasi tunggakan. Namun dari pihak bersangkutan sendiri tidak ada usaha untuk segera melunasi.

“Sebenarnya sempat dicicil namun setahun terakhir terhenti, tidak melakukan pembayaran, Ia mengatakan rekening baru dapat dibuka apabila PD Pasar Surya melunasi seluruh tunggakan piutang tersebut” katanya.@wan