XL Axiata ekspansi akses 4G Lte capai 22 kota di Jatim

Total 38 kota dan kabupaten tercoverage

(ki-ka) Bagus Widiatmoko - Manager Regional Service Ops East-North XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono, Vice President LTE XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Mochamad Imam Mualim, Caretaker Vice President East Region XL Axiata dalam Acara Press Conference Perluasan Jaringan 4G LTE di Jawa Timur. Senin (12/06/2017). Foto-ist

LENSAINDONESIA.COM: PT XL Axiata Tbk perluas akses 4G Lte di Jawa Timur di 22 kota/kabupaten. Mulai Juni 2017 ini, di 38 kota dan kabupaten Jawa Timur sudah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE dari XL Axiata. Peresmian ini secara simbolis diresmikan di Surabaya, Senin (12/06/2017) oleh Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya.

“Diresmikannya XL 4G LTE di 22 kota dan kabupaten di Jawa Timur ini artinya layanan XL 4G LTE sudah masuk semua kota dan kabupaten  di Jawa Timur.  Perluasan layanan 4G LTE ini meiputi Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Tuban, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Lumajang, Kabupaten dan Kota Pasuruan,  Kabupaten dan Kota Probolinggo, Kabupaten Situbondo,” papar Yessie.

Yessie menambahkan, tahun ini XL Axiata sedang agresif memperluas cakupan wilayah layanan 4G LTE. Kebijakan ini tak lepas dari pencapaian pertumbuhan pelanggan dan trafik data yang kian meningkat. XL Axiata tercatat memiliki 31,2 juta pelanggan smartphone hingga akhir kuartal pertama 2017, meningkat 52% dari periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan pelanggan smartphone ini menunjukkan rata-rata konsumsi data pengguna smartphone meningkat secara signifikan, lebih dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini berkaitan dari peningkatan penggunaan smartphone, termasuk yang berkemampuan 4G LTE pada pelanggan. Tingkat konsumsi pelanggan atas layanan 4G LTE kini mencapai lebih dari 1,5x dari rata-rata konsumsi smartphone.

Pertumbuhan layanan data capai 62 persen

Pertumbuhan trafik layanan data seiring makin tumbuhnya penggunaan smartphone 4G LTE terjadi secara merata di semua wilayah layanan XL Axiata. Ini sesuai dengan strategi perusahaan yang berfokus di layanan data untuk tahun 2017 ini. Untuk itu, belanja modal (CAPEX) untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan Data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah.

Di Jawa Timur, setahun terakhir tercatat pertumbuhan layanan data digital hingga sekitar 62%. Peningkatan terjadi di semua kabupaten/kota di Jawa Timur. Dari total pelanggan XL Axiata di Jawa Timur sekitar 6,3 juta, sekitar 68% di antaranya aktif memanfaatkan layanan data. Seiring hal itu, jumlah pelanggan XL Axiata di provinsi ini yang menggunakan smartphone 4G LTE juga terus meningkat. Tercatat hingga akhir Maret 2017 tak kurang dari 1,9 juta pelanggan menggunakan smartphone 4G di Jawa Timur.

“Usai semua kota dan kabupaten di Jawa Timur terjangkau layanan 4G LTE, XL Axiata secara bertahap terus meningkatkan kualitas jaringan di area yang telah terlayani seiring peningkatan trafik dan pelanggan. Sementara itu, perluasan jaringan internet berkecepatan tinggi ini terus digelar ke area-area pinggiran kota dan kota-kota kelurahan,” papar Yessie.

Untuk wilayah yang mencakup 22 kota dan kabupaten yang baru terjangkau layanan 4G LTE, total telah didukung perluasan 4G LTE lebih dari 540 BTS 4G. Sekitar 670 BTS 4G juga di tambahkan untuk perluasan jangkauan di kota-kota yang memiliki jaringan 4G LTE, dan yang akan terus ditingkatkan seiring meningkatnya trafik data dan pelanggan. Dengan demikian, saat ini total di Jawa Timur telah beroperasi lebih dari sekitar 2.200 BTS 4G LTE.

“Tersedianya fasilitas koneksi XL 4G LTE di seluruh Jawa Timur, kini pelanggan di sana semakin memaksimalkan pemanfaatan keunggulan teknologi digital guna meningkatan produktifitasnya, baik untuk kepentingan ekonomi bisnis, maupun tujuan sosial, juga hiburan. Bagi pemerintah daerah, koneksi internet cepat 4G LTE juga akan semakin bisa diandalkan untuk mendukung penerapan dan pengembangan e-government dan smart city serta peningkatan layanan publik.

Kini, XL Axiata sudah menyediakan layanan 4G LTE untuk pelanggan di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia. Total jumlah pelanggan XL Axiata yang menggunakan 4G lebih dari 15 juta. Hingga akhir tahun 2017, XL Axiata menargetkan mampu menjangkau 330 kota dan kabupaten dengan layanan 4G LTE yang ditopang oleh total lebih dari 17 ribu BTS 4G.@Rel-Licom