Di Jombang, Kemendag gelar pasar murah di area Ponpes

Jual paket sembako hanya Rp 50 ribu

LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerjasama dengan pelaku usaha swasta menggelar pasar murah Ramadhan di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Kabupaten Jombang. Pasar murah ini digelar sebagai bagian dalam menyeimbangkan dan mendukung ketersediaan barang kebutuhan masyarakat berharga murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah, Rabu (14/6/2017).

Selain Jombang, pasar murah juga digelar di berbagai daerah di Indonesia selama bulan Ramadhan 2017. Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Peningkatan Sarana Perdagangan Eva Yuliana mengatakan ada 300 tempat yang juga akan digelar pasar murah dengan menggandeng pesantren seperti ini.

“Untuk kebutuhan dan ketersediaan barang Kemendag telah menggandeng pelaku usaha swasta baik itu pengusaha ataupun industri. Harapan kami semua kalangan masyarakat agar bisa menjangkau ketersediaan bahan pokok selama bulan Ramadhan,” katanya pada LICOM.

Melalui pasar murah ini, lanjut Eva, pemerintah ingin menyasar masyarakat kurang mampu khusunya di kalangan pondok pesantren selama Ramadhan. Selain Ponpes, pihaknya juga menggelar pasar murah di sejumlah tempat yang telah mendapatkan izin mulai dari halaman masjid, lapangan atau daerah lainnya.

“Kemendag dan pengusaha swasta telah berkomitmen agar pasar murah selama Ramadhan ini dapat terus dilanjutkan di banyak lokasi lainnya di Jawa, disusul daerah lainnya di seluruh Indonesia,”ujarnya.

Selama bulan Ramadhan ini Kemendag sudah menggelar pasar murah di berbagai daerah yang bekerjasama dengan lebih dari 40 pelaku usaha. Untuk paket bahan pokok yang disediakan masing-masing 500 paket dengan harga normal per paket Rp 100 ribu, tapi hanya dijual dengan harga Rp 50 ribu.

Sementara, masyarakat di sekitar Ponpes menyambut gembira adanya pasar murah Kemendag seperti ini. Hal ini karena paket sembako yang diberikan jauh lebih murah dibandingkan harga yang ada dipasaran.

“Paket bahan pokok yang saya beli ini isinya ada beras 2 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 2 kg, tepung terigu 2 kg dan 1 botol sirup. Paket ini murah, saya hanya membayar Rp 50 ribu. Sangat membantu sekali, kan kalau beli di pasar ya ga boleh dengan harga segitu,” ungkap Mujihatin salah satu warga Denanyar.

Begitupun, Rubbbiyahwarga Denanyar ini juga mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah ramadhan.” Iya mas, ini sangat membantu. Ini juga isinya (paket sembako murah) kualitasnya bagus, kalau beli diluar jauh lebih mahal. Kami berterima kasih kepada semua yang telah membuka pasar ramadhan ini,” [email protected]