Rp 100 milyar disiapkan BI untuk penukaran uang Lebaran

Ada di 1000 titik secara nasional

Seremonial kerja sama Bank Indonesia dengan bank Mandiri terkait penyediaan penukaran uang untuk Lebaran. Foto-ist

LENSAINDONESIA.COM: Bank Indonesia kerja bareng Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) siapkan Rp 100 milyar untuk penukaran uang 1000 titik lebih di seluruh Indonesia khususnya wilayah 3T (terpencil, terdepan dan terluar) berlangsung 16 hingga 17 Juni 2017.

BI mensupport 528 titik penukaran Bank Mandiri, 303 titik penukaran BRI, 205 titik penukaran BNI, dan 10 titik penukaran BTN.

Usung tagline “Rupiah untuk Negeri” (Bank Indonesia dan Bank BUMN Melayani Negeri), Bank Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan uang dengan jumlah yang sesuai. Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia, Titien Sumartini bersama RCEO Mandiri Region VIII/Jawa III Agus Hariyanto Widodo membuka secara resmi salah satu kegiatan penukaran uang Rupiah untuk Negeri di Pasar Porong, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (16/06/2017).

“Untuk Jawa Timur, tersedia 41 titik penukaran dibuka Himbara melayani kebutuhan uang rupiah pecahan kecil disertai edukasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah (CIKUR) dan cara merawat uang rupiah. Layanan penukaran uang pecahan kecil tak hanya di lokasi-lokasi strategis namun juga daerah terdepan dan terluar di Jawa Timur seperti pulau Kangean dan Pulau Madura,” ujar Titien Sumartini.

Titien menambahkan, Bank Indonesia juga menginformasikan uang rupiah tahun emisi 2016 (NKRI). Layanan penukaran uang yang digelar Bank Mandiri disupport oleh Bank Indonesia dengan modal Rp1,2 milyar. Paket yang ditawarkan masyarakat untuk penukaran sebesar Rp1,7 juta terdiri atas pecahan Rp10.000 s.d Rp2.000.

“Bank Indonesia menghimbau kepada masyarakat agar menukarkan uang pecahan kecil di kantor-kantor bank yang memasang spanduk penukaran maupun kegiatan kas keliling Bank Indonesia dan perbankan, sebab lebih aman dan tanpa dipungut biaya. Masyarakat diharapkan menukar uang secukupnya dalam jumlah yang tak berlebihan,” pungkas Titien.@Rel-Licom