Anggota DPR Ridwan Hisjam serukan pendidikan nasional berlandas Pancasila

Pemerintah harus memiliki pandangan komprehensif

Anggota Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam melakukan sosialisasi terkait peran pendidikan.

LENSAINDONESIA.COM: Di dalam undang-undang nomer 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pendidikan Nasional merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila, UUD 1945 yang berakar pada nilai agama, kebudayaan, dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

Maka, Ridwan Hisjam yang juga Anggota Komisi X DPR RI membidangi pendidikan melakukan terus sosialisasi peran pendidikan, terutama yang berkaitan dengan internalisasi dan eksternalisasi Pancasila dan pendidikan.

“Dalam amanat konstitusi yang dinyatakan dalam UUD 45 pasal 31 sudah dijelaskan dengan tegas tentang memposisikan pendidian nasional pada sosisi yang strategis sebagai instrumen perjuangan bangsa yang tidak hanya berfungsi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tapi untuk membangun bangsa dan peradaban bangsa,” ujar Ridwan saat mengisi diskusi kebangsaan yang digelar di Balaikota Kediri bersama Presidium MD KAHMI Kota dan Kabupaten Kediri serta HMI Cabang Kediri, Minggu (18/6).

“Dengan kata lain pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan bangsa,” ujar sambung polilisi senior Golkar asal Jatim ini.

Menurut Ridwan, upaya internalisasi pancasila harus berangkat dari rumusan kebijakan pemerintah yang selanjutnya dirumuskan secara nyata dalam kurikulum pendidikan.

“Hal ini menuntut pemerintah untuk memiliki pandangan yang komprehensif mengenai pancasila dan kandungan nilai yang ada didalamnya,” terangnya.

Sementara, untuk upaya eksternalisasi direalisasiakan dalam kehidupan sehari-hari, “Seperti kita mengamalkan setiap pasal, contohnya setiap pemangku kepentingan pendidikan harus beragam, memiliki sikap dan perilaku sesuai nilai moral dalam hidup, membina rasa nasionalisme, mengakui musyawarah mufakat, dan juga selalu bersikap adil,” pungkas Ridwan.@ant

TULISKAN KOMENTAR