Tak setuju calon tunggal, Gerindra dukung La Nyalla maju Pilgub

La Nyalla dinilai cocok jadi Cagub

LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono menyatakan dukungannya kepada Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur La Nyalla Mattalitti maju di Pilgub Jatim 2018.

Ia menilai sosok La Nyalla adalah tokoh yang pas sebagai calon gubernur (Cagub) Jatim karena punya kemampuan menguasai wilayahnya.

Seperti memiliki kemampuan mengendalikan harga kebutuhan bahan pokok, bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi jumlah pengangguran.

Menurutnya kriteria itu terdapat dalam sosok La Nyalla. Dengan pengalaman organisasinya sebagai Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) hingga Ketua Kadin Jatim.

“Hasil survei, masyarakat Jawa Timur butuh seorang pemimpin yang bisa melakukan pengendalian kebutuhan bahan pokok. Kedua, soal terciptanya lapangan pekerjaan dan pengurangan jumlah pengangguran yang besar. Pak Nyalla ini cocok, inilah calon yang dibutuhkan sebenarnya oleh masyarakat Jatim,” katanya ditemui LICOM di Kantor Kadin Jatim usai Acara Bukber Bersama Gubernur Jatim, Senin (19/6/2017) malam.

Poin yang dimiliki La Nyalla tersebut, lanjut Ferry, akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi Partai Gerindra dalam memutuskan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2018 nanti, termasuk Pilgub Jatim.

“Apalagi Pak Nyalla bukan orang lain bagi Partai Gerindra, tentu ini akan jadi pertimbangan. Selain ada nama kader sendiri Pak Soepriyatno (Ketua DPD Partai Gerindra Jatim) yang kemarin telah diputus di Rapimda. Tapi politik kan dinamis, kita juga harus realistis,” ungkapnya.

La Nyalla dikenal cukup dekat dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Saat Pilpres 2009 lalu, La Nyalla ikut membantu pemenangan pasangan Megawati-Prabowo (Mega-Pro). Kemudian Pilpres 2014, La Nyalla juga ikut andil mendulang suara untuk pasangan Prabowo-Hatta.

Disisi lain, pihaknya juga tak sepakat jika Pilgub Jatim 2018 nantinya hanya akan diikuti oleh calon tunggal saja. Saat ini nama yang sudah pasti ikut maju di Pilgub Jatim adalah calon incumbent Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul dan parpol pengusungnya PKB mewacanakan Pilgub bisa dipilih secara musyawarah atau calon tunggal. Tim Gus Ipul dan PKB terus gencar ‘merapat’ ke hampir seluruh parpol di Jatim. Namun masih ada dua parpol yang belum didatangi yakni Partai Gerindra dan PKS.

Menanggapi ini Gerindra menyatakan akan membangun koalisi sendiri dengan memunculkan figur Cagub lain. “Jangan sampai Pemilukada di Jatim ini hanya diikuti calon tunggal. Gerindra akan ambil bagian ini, kami juga sudah berkomunikasi dengan PKS,” tukasnya.

Terkait mekanisme penentuan calon kepala daerah yang bakal diusung, hal itu menjadi ranah dari DPP Partai Gerindra. Khusus pemilihan Cagub yang menentukan adalah Ketum Prabowo Subianto.@sarifa