Android versi lawas bakal tak lagi bisa akses Play Store

Google nyatakan hentikan dukungan

Ilustrasi Google Play Store

LENSAINDONESIA.COM: Google menyatakan bakal menghentikan dukungan Google Play Store di sejumlah Android versi lawas, salah satunya adalah seri 2.1 ‘Eclair’ ke bawah. Rencananya penghentian dukungan ini akan direalisasikan pada akhir Juni 2017.

Itu berati pengguna gadget dengan sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5, 1.6, 2.0 dan 2.1 bakal tidak akan bisa lagi mengakses pembaruan dari Google Play Store. Sedangkan Android 2.2 ‘Froyo’ masih bisa karena mendapat dukungan aplikasi untuk Google Play Store tersebut.

Pemutusan akses dukungan itu akan terjadi begitu saja pada 30 Juni 2017 nanti sehingga pengguna Android versi lawas tak akan mendapat notifikasi apapun mengenai hal itu.

Google berasalan kebanyakan para pengembang saat ini tidak lagi membuat aplikasi yang mendukung sistem operasi Android 1.0, 1.1, 1.5 ‘Cupcake’, 1.6 ‘Donut’, 2.0 dan 2.1 ‘Eclair’, sehingga pihaknya memutuskan berhenti mendukungnya.

Namun Google berjanji pihaknya terus mendukung keberadaan Play Store di sistem operasi Android anyar dalam durasi yang lebih lama. @LI-15