Trafik Data XL Axiata lonjak hingga 218 persen

Banyak pelanggan manfaatkan akses sosial media

Lonjakan trafik Data XL Axiata ditopang aktivitas layanan Data oleh pelanggan sebagai dampak positif dari perluasan 4G LTE dan 3G U900 secara nasional. Foto-ist

LENSAINDONESIA.COM: Trafik layanan Data XL Axiata di hari Lebaran 2017 periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran melonjak  hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, juga meningkat 218% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini ditopang aktivitas layanan Data oleh pelanggan sebagai dampak positif dari perluasan 4G LTE dan 3G U900 secara nasional.

“Hingga kini, secara maksimal kami terus bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran. Sementara tidak ada gangguan yang berpengaruh di jaringan kami untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice, kendati terjadi kenaikan trafik cukup signifikan. Semua persiapan kami berjalan sesuai rencana, termasuk penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat,” ujar Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dalam keterangan resminya, Rabu (28/06/2017).

Yessie memaparkan, layanan data masih mendominasi kenaikan trafik, sebab pelanggan lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial (medsos) berbagai platform. Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk komunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.

“Sebab itu tak mengherankan jika kenaikan trafik Data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB,” jelas Yessie.

Akses di beberapa media sosial cukup meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Seperti Facebook naik lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar Lebaran. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Naiknya kedua layanan berbarengan dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan terkait informasi rute dan kondisi lalu lintas dalam perjalanan mudik ke kampung serta lokasi wisata di luar Jabodetabek.

Akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) nampak naik lebih dari 46,5%, kenaikan trafik ini juga disebabkan kebutuhan pelanggan saat menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri. Begitu juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai pengganti layanan voice standard.

“Lonjakan trafik juga terjadi pada konten video, termasuk download/upload sekitar 6%, serta akses video call (via BBM, Viber, LINE, WhatsApp, Facebook VoIP, Skype) meningkat sekitar 9%,” ungkap Yessie.

Nampak pergerakan jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini  pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalananmudik. Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya, di sejumlah wilayah tujuan mudik utama jumlah pelanggan meningkat, yakni di Jawa Barat naik 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta naik 22%, serta Jawa Timur naik 10,5%.

“Kenyamanan pelanggan dengan layanan XL Axiata di hari Lebaran juga nampak dari menurunnya keluhan pelanggan melalui customer service dibanding rata-rata keluhan di hari biasa. Penurunannya pun cukup signifikan hingga mencapai sekitar 22%, bahkan lebih rendah dibanding keluhan di hari Lebaran tahun sebelumnya, yakni sekitar 3% lebih rendah,” pungkas Yessie.@Rel-Licom