17 pasar di Sidoarjo siap bayar restribusi via e-Nyank pasar di jalur T-Cash

Bentuk implementasi GNNT oleh Telkomsel

Salah satu bentuk transaksi pembayaran restibusi pasar melalui e-Nyank pasar secara elektronik ini bertujuan untuk mencegah kebocoran retribusi. Foto-ist

LENSAINDONESIA.COM: Telkomsel kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo dan Bank Jatim hadirkan solusi pembayaran retribusi pasar secara elektronik (e-Nyank pasar) di Kabupaten Sidoarjo memanfaatkan layanan uang elektronik Telkomsel, T-Cash.

“Layanan T-Cash sebagai layanan uang elektronik Telkomsel menawarkan kemudahan pembayaran berbagai macam transaksi. Dengan digunakannya layanan T-Cash untuk pembayaran retribusi e-Nyank pasar di Kabupaten Sidoarjo, kami berharap dapat memberikan kenyamanan, kemudahan, terutama akuntabilitas bagi pedagang pasar dalam pembayaran retribusi e-Nyank pasar,” ujar General Manager Account Management Telkomsel Area Jawa Bali, Zulfikar di Sidoarjo, Jumat (07/07/2017).

Zulfikar menambahkan, hal ini juga menjadi tonggak sejarah sebab Pasar Gedangan di Sidoarjo ini menjadi pasar pertama di Indonesia yang menerapkan pembayaran retribusi pasar secara elektronik.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati menyampaikan, penerapan pembayaran retribusi e-Nyank pasar secara elektronik ini bertujuan untuk mencegah kebocoran retribusi.

“Sistem transaksi seperti ini juga merupakan langkah yang dilakukan sebagai terobosan untuk menekan angka pertumbuhan pungli,” tandas Fenny.

Untuk langkah awal sebelum penerapan di 17 pasar lain di Sidoarjo, sistem ini diterapkan pertama kali di Pasar Gedangan, yang juga menjadi pasar pertama di Indonesia yang menerapkan pembayaran retribusi pasar secara elektronik.

Peluncuran yang bertajuk ‘Retribusi e-NYANK Pasar menggunakan T-Cash’ ini diawali dengan penandatanganan Kerjasama Pembayaran Retribusi e-Nyank pasar di Sidoarjo Menggunakan T-CASH Telkomsel oleh Kepala Disperindag Kabupaten Sidoarjo, Fenny Apridawati, General Manager Account Management Telkomsel Area Jawa Bali, Zulfikar, Direktur Utama Bank Jatim, R. Soeroso, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Kabupaten Sidoarjo, dan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Dalam pidatonya, Bupati Sidoarjo juga menyampaikan Komitmennya untuk menerapkan di 17 pasar lain demi mendukung Sidoarjo Smart City. Kemudian, para hadirin juga diajak menyaksikan langsung demo pembayaran retribusi e-Nyank pasar menggunakan T-Cash di salah satu kios Pasar Gedangan Sidoarjo.@Rel-Licom