Martin Landau “Mission: Impossible” meninggal di usia 89 tahun

Alami komplikasi

Martin Landau membintangi serial TV "Mission: Impossible". (ISTIMEWA)

LENSAINDONESIA.COM: Aktor Martin Landau, bintang serial TV “Mission: Impossible” yang juga peraih Oscar di film “Ed Wood” saat berperan sebagai Bela Lugosi, meninggal dunia di usia 89 tahun. Pria kelahiran Brooklyn itu meninggal pada Sabtu lalu.

Publisisnya, Dick Guttman mengatakan Landau meninggal di UCLA Medical Center setelah mengalami “komplikasi yang tak diharapkan” selama dirawat di rumah sakit yang berada di Los Angeles itu.

“Kami sangat sedih mengabarkan kematian aktor ikonik Martin Landau. Dia baru saja merayakan ulang tahun ke-89,” katanya.

Landau lahir pada 28 Juni 1928 dan memulai karirnya di Broadway pada 1950an sebelum akhirnya tampil dalam film Alfred Hitchcock “North by Northwest”. Juga membintangi film “Cleopatra” dan “The Twilight Zone”.

Karirnya melejit saat membintangi serial televisi “Mission: Impossible” bersama Barbara Bain yang akhirnya menjadi isterinya. Dia dinominasikan untuk tiga Emmy dan Golden Globe pada 1968.

Setelah beberapa kali dinominasikan, dia akhirnya meraih piala Oscar lewat perannya sebagai Bela Lugosi dalam “Ed Wood” tahun 1994. Dalam film horor itu, dia meraih penghargaan Aktor Pendukung Terbaik.@licom