Shanghai Moonton Technology digugat jiplak game besutan Riot

Tujuh item diplagiat

Riot menyebut Mobile Legends menjiplak desain map Summoner Rift yang dipakai pada League of Legends.. Foto,ilust-ist

LENSAINDONESIA.COM: Baru-baru ini Riot Games menggugat Shanghai Moontoon Technology sebab terduga melakukan pelanggaran terkait properti intelektual dan hak cipta pada game Mobile Legends.

Di antara isi surat gugatan yang diajukan oleh Riot terkait penyertaan beberapa konten yang melanggar hak cipta. Dari isi gugatan tersebut, Riot membeberkan terdapat 7 pelanggaran hak cipta khususnya mengarah pada plagiat, inilah beberapa hal yang disebut menjiplak:

1. Meniru desain karakter
Riot mengklaim desain karakter, halnya desain karakter League of Legends dipersepsikan ditiru oleh Moontoon di Mobile Legends yakni Garet.

2. Meniru desain minion
Moontoon juga disebut Riot menjiplak desain minion yang ada pada game Mobile Legends. desain yang meniru minion tersebut ada di tipe melee, caster, dan siege.

3. Menjiplak desain map
Riot menyebut Mobile Legends menjiplak desain map Summoner Rift yang dipakai pada League of Legends. Ada di hampir semua detail pada map berikut posisi di berbagai properti unik yang tampil pada map tersebut.

4. Persis desain Nexus
Pada di League of Legends, tepatnya pada Desain Nexus sebagai markas utama telah dijiplak pada Mobile Legends. Sebab Nexus jelas berbentuk kristal merah dan biru besar melayang yang ada di setiap markas pemain.

5. Logo game Mobile Legends juga mirip
Logo milik Mobile Legends pun sangat mirip dengan League of Legends. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kata “Legends” dengan huruf “L” dan “S” yang nampak lebih besar.

6. Desain monster unik juga mirip
Monster unik pada League of Legends menurut Riot juga dijiplak di Mobile Legends. Tepatnya pada Red Buff nampak persis sekali.

7. Hingga banner diplagiat
Mobile Legends juga terkesan meniru desain banner League of Legends. Salah satunya banner “Victory” diklaim menggunakan font atau huruf sejenis.@Rel-Licom

Inilah isi surat gugatan Riot Games sebagai bukti di pengadilan : Isi gugatan