Air minum Cleo tambah volume produksi hingga 582 juta liter

Investasi Rp 200 miliar untuk pengabangan pabrik

PT Sariguna Primatirta Tbk akan menambah volume produksi air minum bermerek Cleo di tahun ini sekitar 582 juta liter dengan mengincestasi Rp 200 miliar untuk kembangkan pabriknya. Foto-ist

LENSAINDONESIA.COM: PT Sariguna Primatirta Tbk akan menambah volume produksi air minum bermerek Cleo di tahun ini sekitar 582 juta liter. Jika ditotal, jumlah produksi tersebut akan mencapai 4,2 miliar liter selama satu tahun.

Angka produksi tersebut, diharapkan market share Cleo makin meningkat dari 4 hingga 5 persen bakal merambah menjadi 7 persen.

Direktur Operasional PT Sariguna Primatirta Tbk, Nio Eko Susilo mengatakan, untuk mencapai hal tersebut, perusahaan akan menginvestasikan dana sebesar Rp 200 miliar. Investasi tersebut untuk alokasi pengembangan pabrik di Pandaan-Jawa timur.

“Karena pabrik di Pandaan selama ini untuk menyuplai kebutuhan konsumen untuk wilayah Jawa Timur,” tandas Nio Eko Susilo kepada awak media saat di pabrik Cleo Pandaan, Jumat (11/08/2017).

Nilai investasi tersebut didominasi untuk pembelian alat-alat canggih yang dioperasionalkan secara komputerisasi. Mesin-mesin tersebut akan bisa lebih efisien sebab mampu memproduksi tiga kali hingga lima kali lipat dari produksi kemasan botol yang saat ini dimiliki perusahaan.

“Jika mesin milik kita sebelumnya mampu memproduksi 18 ribu botol per jam, maka dengan mesin baru tersebut akan bisa memproduksi hingga 54 ribu botol per jamnya. Dan bisa jadi sampai lima kali jumlah produksi,” papar Nio Eko Susilo.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Tbk, Belinda Natalia menyampaikan, investasi selama 2017 tersebut juga untuk perluasan pabrik di Pandaan sebesar Rp 120 miliar, sisanya untuk pembangunan pabrik di Ungaran, di Kendari Sulawesi Selatan, di Ngoro Mojokerto berikut pabrik di Purworejo yang telah beroperasi sejak Juni 2017 lalu.

“Bisa jadi nanti kita punya 22 pabrik di Indonesia. Harapannya, di setiap daerah ada pabrik Cleo untuk memudahkan distribusi,” ucap Belinda.@Eld-Licom