PJT I sukses jalankan program kemitraan dan bina lingkungan

Meliputi Provinsi Jatim, Jateng dan Sumut

LENSAINDONESIA.COM: Program Kemitraan dan Bina Lingkungan yang diluncurkan Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta (PJT) I sejak awal 2017 berjalan sukses dan tepat waktu. Hingga triwulan II, kegiatan seperti bantuan sarana ibadah, renovasi rumah tidak layak huni, pengadaan angkutan sampah dan sarana prasarana selesai dikerjakan.

Direktur Utama PJT I Raymond Valiant Ruritan mengatakan pada triwulan I, Program Kemitraan berhasil dikerjasamakan dengan 38 Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra binaan.

Pada triwulan I, daerah yang dibantu program kemitraan adalah Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. “Untuk daerah yang menjadi lokasi Program Bina Lingkungan dari Provinsi Jawa Timur yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung juga Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumatera Utara,” katanya Minggu (13/8/2017).

Jenis bantuan meliputi bantuan sarana ibadah di lima lokasi, bantuan sarana dan prasarana 10 lokasi dengan kegiatan bantuan pengadaan angkutan sampah dan renovasi rumah tidak layak huni.

Pada triwulan II, Program Kemitraan melakukan kerjasama dengan 39 UKM mitra binaan di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto dan Jombang. Sedangkan daerah yang dibantu dalam Program Bina Lingkungan untuk Provinsi Jawa Timur yakni Kota Malang, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung, Kota Mojokerto, Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

Sementara dari daerah dari Provinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo serta Kabupaten Toba Samosir dari Provinsi Sumatera Utara dengan jenis Program Bina Lingkungan yang dilaksanakan yaitu bantuan sarana ibadah di 11 lokasi, bantuan sarana dan prasarana tiga lokasi.

“Kegiatan pembangunan renovasi sekolah, pipanisasi air bersih, bantuan pendidikan dua lokasi, sosial  kemasyarakatan lima lokasi, bantuan mudik gratis serta safari ramadhan,” imbuhnya.

Sedangkan nilai bantuan yang disalurkan baik untuk Program Kemitraan maupun Program Bina lingkungan disesuaikan dengan RKA perusahaan tahun 2017 yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan program PKBL.@sarifa