Pakde Karwo dan Gus Ipul nyanyi bareng di HUT RI ke 72

Didahului Upacara Kemerdekaan

LENSAINDONESIA.COM: Peringatan Kemerdekaan HUT Republik Indonesia ke 72 diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Begitu pula di Jawa Timur, Gubernur Jatim Soekarwo menggelar Upacara Kemerdekaan bersama Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) jajaran pejabat Pemprov Jatim serta Forkopimda se-Jatim Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (17/8/2017).

Pakde Karwo (sapaan akrab gubernur) memberikan pandangannya dalam memaknai Kemerdekaan RI. Menurutnya seperti yang dituliskan Presiden Soekarno bahwa ini salah satu jembatan emas dengan memaknai konsep adil dan makmur.

“Mengapa adil didahulukan, karena jika hanya makmur saja,  maka akan terjadi kesenjangan dan disparitas,” tegas Soekarwo kepada LICOM usai upacara.

Ia menjelaskan adil diwujudkan dengan membela dan memperjuangkan kaum yang lemah. Hal itu, kata dia, bentuk pemerataan yang menjadi tugas dan kewajiban pemerintah agar rakyat yang tidak mampu tidak semakin dilemahkan tapi harus dibantu.

Gubernur juga menegaskan kembali rasa terima kasih atas segala nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa.

“Kita patut bersyukur dan berterimakasih pada pejuang kita dan tugas kita saat ini mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa agar lebih kuat,” tuturnya.

Dalam prosesi upacara yang dilakukan di Grahadi juga berlangsung lancar dan khidmat. Dimulai dengan dentuman meriam sebanyak 17 kali sebagai peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan tepat pukul 10.00 WIB.
Dilanjutkan dengan prosesi pengibaran bendera Merah Putih oleh 70 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Pasukan dibagi menjadi tiga kelompok,  yakni pasukan 17 dan 45 sebagai pengawal dan pasukan delapan sebagai tim pembawa dan pengibar bendera.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Gubernur beserta istri Nina Soekarwo yang diserahkan pada sejumlah veteran pejuang kemerdekaan.

Selanjutnya, Pakde Karwo dan istri serta Gus Ipul dan istri melakukan ramah tamah dengan para veteran, bahkan kedua tokoh Jatim tersebut menyempatkan diri naik ke panggung untuk bernyanyi bersama. Mereka duet membawakan lagu-lagu keroncong juga lagu nasional.

​Peringatan HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI ini juga dimeriahkan oleh 1.000 siswa SMA paduan suara yang merupakan gabungan pelajar dari SMA di Jatim yang membawakan lagu-lagu perjuangan seperti Bagimu Negeri, Seuntai Manikam, Dirgahayu Indonesia, Indonesia Jaya, Hari Merdeka, Bendera, Laskar Pelangi, Rayuan Pulau Kelapa, Lagon Semangat Juang 45 dan Wa’rojengan, Hari Merdeka dan Bendera.

Paduan suara ini diiringi oleh Jawa Timur Youth Orcestra dibawah binaan pelatih Lulu Ghozali dalam naungan Dinas Pendidikan Provinsi [email protected]