Ini cara mudah mengatasi bau mulut

Minum air 2 liter lebih per hari

Ilustrasi bau mulut

LENSAINDONESIA.COM: Nafas tak sedap yang diakibatkan bau mulut sering sangat mengganggu performa seseorang. Bau mulut bisa disebabkan berbagai hal termasuk penyakit tersembunyi seperti gangguan pencernaan atau diabetes. Namun masalah ini sebenarnya mudah mengatasinya.

Menurut juru bicara Asosiasi Dental Amerika, dr Ada S.Cooper, bau mulut dan nafas tak sedap merupakan pertanda dehidrasi. “Jangan anggap mencuci mulut empat kali sehari akan menghilangkan bau mulut. Saat mulut kering, air liur berkurang. Ketika air liur sedikit, maka sisa makanan dan bakteri akan tinggal di dalam mulut lebih lama,” jelasnya.

Menurutnya, minum cukup air hingga lebih dari 2 liter adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah bau mulut. Selain itu, asupan kopi, alkohol, merokok dan obat-obatan yang bisa menyebabkan mulut kering juga harus diperhatikan.

Selain karena mulut kering, bau mulut juga bisa dipicu adanya kerusakan gigi atau bakteri dan sisa makanan yang tertinggal akibat kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut sebelum tidur. “Jangan pernah absen menyikat gigi karena sisa makanan dan bakteri bisa memproduksi bau saat kita tidur. Jika bau mulut tak juga hilang, dokter gigi biasanya bisa menemukan akar penyebabnya,” katanya pungkasnya dikutip dari Business Insider. @kc/LI-15