Asyiknya ketika La Nyalla berbaur dengan komunitas kreator “Cethe”

Apresiasi kreatifitas pecinta kretek

Bakal calon gubernur Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti akrab bersama komunitas penyuka kreasi cethe di Mojokerto, Jumat malam (08/09/2017). FOTO: LICOM

LENSAINDONESIA.COM: Bakal calon gubernur Jawa Timur La Nyalla Mahmud Mattalitti diundang oleh komunitas penyuka kreasi cethe di Mojokerto, Jumat malam (08/09/2017).

Ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim itu membuka Kontes Cethe yang berlangsung seru dan penuh keakraban.

“Saya senang sekali berada di sini. Asyik juga rupanya. Dan cethe ini susahnya bukan main lho, saya pernah mencoba di rumah berkali-kali, tapi gagal terus. Memang harus yang ahlinya dan punya bakat seni seperti teman-teman di sini,” ujar La Nyalla saat membuka acara.

Cethe adalah kreatifitas kalangan pecinta kretek, di mana mereka menghias sebatang rokok dengan kopi. Hasilnya pun menakjubkan: sebatang rokok bisa dihiasi beragam gambar bercita rasa seni.

“Kreasi cethe ini adalah bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai budaya. Kita bangga dengan produk kretek kita, yang kemudian dikombinasi dengan desain grafis. Kontes cethe semacam ini bisa terus dikembangkan, dan kami siap mendukung,” ujar La Nyalla.

Dalam kesempatan tersebut La Nyalla juga memberikan kenang-kenangan buku keris koleksinya kepada para tokoh budayawan yang hadir. “Saya mencintai budaya-budaya luhur bangsa, seperti keris ini, dan juga kretek. Ke depan, isu-isu kebudayaan harus diperkuat dan menjadi pilar bagi pembangunan Jawa Timur,” pungkas La Nyalla.@LI-13