Dukung swasembada pangan Jokowi, Tentara level Koramil pesta panen padi di Bekasi

Wawali Ahmad Syaiku berharap jadi penyemangat "urban farming"

Dukungan TNI terhadap program swasembada pangan diujudkan garda terdepan level koramil. Salah satu Koramil di Kota Bekasi ini merayakan pesta panen. @foto: sofie

LENSAINDONESIA.COM: Tentara Nasional Indonesia (TNI) level institusi paling bawah di tingkat Koramil seperti jajaran Koramil 01/Kranji, Bekasi melaksanakan panen padi tiga pilar di wilayah Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi, Kamis (14/9/2017).

Kegiatan ini menjadi bagian dari swasembada pangan nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi penyemangat keberhasilan jajaran Pemkot Bekasi dan Kodim 0507 dalam mendukung program pertanian perkotaan (urban farming).

“Program ketahanan pangan ini memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan sektor lain dalam pemerintahan maupun kehidupan masyarakat. Semoga ada inovasi lain yang mampu meningkatkan hasil pertanian dalam mendukung program swasembada pangan di wilayah Kota
Bekasi,” ulasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 01/Kranji, Mayor Inf Rahmat Triono mengatakan program pertanian ini sudah dilaksanakan sejak 2013, sejak dimulainya program swasembada pangan nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Dengan luas sekitar 3 hektar, bisa menghasilkan padi sebanyak 27 ton padi jenis Ciherang yang digarap oleh Kelompok Tani Satriajaya,” jelasnya.

Kegiatan yang dibuka Kepala Staf Kodim 0507/BKS Mayor Czi Sali ini dihadiri Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi Momon
Sulaeman, Camat Medansatria Taufiq Rahmat Hidayat, Danramil 01/Kranji Mayor Inf Rahmat Triono dan unsur dari Polsek Medansatria.

Pelaksanaan panen ini ditandai pemotongan padi secara bersama, dan dilanjutkan dengan proses penggilingan padi. Pelaksanaan panen, imbuh Rahmat, dilakukan tiga kali dalam setahun dengan sistem oengairan dengan irigasi.

“Pihak Koramil 01/Kranji secara berkesinambungan terus memberikan pendampingan kepada kelompok tani yang menggarap areal persawahan ini. Sehingga, Alhamdulillaah bisa dilakukan tanpa kendala,” ujarnya.

Taufiq Rahmat Hidayat mengatakan pihaknya senantiasa menfasilitasi segala kebutuhan yang diperlukan kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Medansatria. Ia menyebutkan total areal persawahan yang terdapat di wilayah Kecamatan Medansatria hanya mencapai 5 hektar
yang berada di Kelurahan Kalibaru dan Pejuang.

“Tapi kelompok tani di Kelurahan Pejuang sebagian besar memanfaatkan lahan pekarangan rumah, bukan lahan khusus persawahan,” imbuh dia.

Taufiq berharap hasil panen ini dapat membantu masyarakat sekitar dalam hal ketersediaan pangan yang dibutuhkan. “Masyarakat bisa membeli langsung ke kelompok tani dengan harga yang jauh lebih murah,” katanya. @sofie