Sidang terdakwa Cen Liang Dirut PT Gala Bumi dijaga 1kompi polisi bersenjata

Kali ini, Henry hadapi lawan lebih berat dibanding Walikota Risma

Terdakwa Cen Liang alias Henry J Gunawan yang dikenal jawara kasus-kasus sengketa tanah besar di Jawa Timur mendapat pengamanan ketat saat menjalani sidang kedua di PN Surabaya. @foto: rofik

LENSAINDONESIA.COM: Sidang kedua kasus penggelapan dan penipuan dengan terdakwa Henry J Gunawan alias Cen Liang, selaku Dirut PT Gala Bumi Perkasa, Kamis (14/9/2017) mendapat penjagaan ekstra ketat dari Polisi.

Sekitar 1 Kompi pasukan dari Sat Sabhara Polrestabes Surabaya dengan bersenjata lengkap dan petugas keamanan tertutup (Pamtup) dari Polsek Sawahan di Back Up Polrestabes Surabaya.

Humas Pengadilan Negeri Surabaya Sigit Sutriono saat dikonfirmasi menyatakan bahwa dirinya tidak tahu tentang penambahan pengamanan. “Waduh saya malah kurang tahu Mas,” ujarnya, singkat.

Sementara Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya AKBP Awam saat dikonfirmasi melalui Ponselnya tak menjawab, begitu juga dengan pesan singkat yang dikirim .

Pada sidang kedua ini, agendanya jawaban tanggapan jaksa terhadap esepsi terdakwa.

Sebelumnya, terdakwa yang di Jawa Timur dikenal sebagai big boss tanah-tanah berkasus ini, mengajuka permohonan pra peradilan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya terkait dirinya sebagai terdakwa kasus penggelapan dan penipuan ini. Tapi, PN Surabaya menolak permohonannya.

Praktis, Cen Liang yang dikenal jawara sengketa tanah lawan siapa saja di Jatim, kali ini, harus menghadapi fakta tak bisa menghindar sebagai terdakwa.

Bagi Cen Liang jeratan hukum yang dilancarkan lawan kali ini, seperti tidak lebih ringan dibanding saat dirinya bersengketa dengan Walikota Surabaya Tri Rismaharini terkait proyek Pasar Turi. Begitu pula dibanding menghadapi Koperasi Karyawan Jawa Timur terkait dirinya dianggap menyerobot 20 Hektar lahan tanah yang diklaim aset koperasi rakyat itu. @rofik