Gowes “Pesona Nusantara” Imam Nahrawi ingin duet bareng Menteri Pariwisata

Kolaborasi olahraga, budaya, wisata, dan pendidikan

Tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 selfie usai menerima piagam MURI di Stadion Magelang. @dok. sofie

LENSAINDONESIA.COM: Suksesnya kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 –populer sebutan “Gowes Imam Nahrowi”– yang berhasil meraih rekor MURI, mengundang harapan masyarakat dijadikan event tahunan program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal ini mendapat tanggapan positip dari Deputi Pembudayaan Olahraga, Kemenpora, Raden Isnanta saat dihubungi LENSAINDONESIA, Kamis(21/9/2017).

Raden Isnanta mengakui, Gowes Pesona Nusantara (GPN) memang sedang diproses menjadi program unggulan Kemenpora, selain program gala desa. Karenanya, GTPN antinya akan digelar tiap tahun.

“Tentunya akan direncanakan dengan persiapan dan koordinasi yang jauh lebih baik lagi. Rute atau jalurnya juga yang berbeda,” tutur Isnanta.

Langkah ini dilakukan agar Program GTPN sebagai kampanye “Ayo Olahraga” benar-benar mampu membuat olahraga menjadi bagian hidup yang akhirnya menjadi kebiasaan dan budaya masyarakat Indonesia.

Namun begitu, kata Deputi ini, segala sesuatu perlu proses dan sinergitas semua pihak lintas kementerian dan lembaga agar terwujud apa yang menjadi visi dan misi GTPN.

“Kita sadari memang belum optimal pelaksanaan GTPN karena memang ide Gowes Touring munculnya agak terlambat,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, koordinasi, penggalian sponsorship, kerjasama dengan kementerian/lembaga lain yang terkait perlu dioptimal lagi.

“Termasuk kedepannya perlu waktu lebih panjang untuk koordinasi dengan bupati/walikota, kapolres dan pihak – pihak lain yang dilalui para goweser,” tambahnya.

Keterbatas itu, rupanya, tidak mengurangi kesuksesan GTPN 2017, yang mampu merangkai Etape pertama, Sabang, Aceh di KM 0 sampai Etape 9 Yogyakarta – Magelang. Etape akhir disambut Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, disaksikan ribuan masyarakat yang membanjiri Stadion Much. Soebroto pada Puncak Acara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Kota Magelang, Jawa Tengah, pekan lalu (11/9/2017).

“Meski ada satu kecelakaan kecil, semua berjalan mulus. Perhatian pemerintah daerah luar biasa besar, petugas keamanan, P3K, dan penyambutan luar biasa dengan berbagai atraksi seni – budaya, olahraga tradisional dan lain -lain, sehingga Gowes ini benar – benar mengkolaborasikan Budaya – Olahraga – Wisata – dan Pendidikan,” ucapnya bangga.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Tekhnis GTPN 2017, Dwi Bahari berharap touring gowes ini menjadi ajang menjalin persatuan dan kesatuan bangsa yang kaya akan pesona wisata alam dan budaya nusantara.

“Juga bisa menjadi ujung tombak promosi wisata nusantara.” kata Dwi Bahari.

Dwi Bahari mewacanakan, GPTN ke depan, Kemenpora bisa menggandeng Kementerian Pariwisata. “Untuk memperkuat program pesona nusantara melalui ekowisata olah raga atau sport tourism yang lebih terarah dan terkoordinasi dengan misi daerah masing masing,” kata Dwi berharap. @sofie