E-commerce besar jalani pengurusan ijin uang elektronik di BI

IT security berperan penting

Sebelum BI memberikan izin kepada beberapa e-commerce tersebut masih ada beberapa pertimbangan. Diantara pertimbangan tersebut yakni jaminan sistem teknologi informasi (TI) yang aman. Foto,ilust-ist

LENSAINDONESIA.COM: Tokopedia dan Shopee kini tengah memproses perizinan penerbitan uang elektronik untuk e-commerce kepada Bank Indonesia.

Hal ini dibenarkan oleh Direktur Program Elektronifikasi dan Inklusi Keuangan BI, Pungky Purnomo Wibowo. Ia mengatakan, sebelum memberikan izin kepada beberapa e-commerce tersebut masih ada beberapa pertimbangan. Diantara pertimbangan tersebut yakni jaminan sistem teknologi informasi (TI) yang aman.

“Untuk hal ini kita harus berhati-hati, untuk itu di sisi IT security harus terjaga dengan baik,” ujar Pungky di Jakarta, Jumat (22/09/2017).

Untuk kepentingan perlindungan konsumen, lanjut Pungky, BI juga mematok syarat adanya tim audit independen yang tiada lain untuk penanganan di sisi TI dan finansial. JIka beberapa persyaratan terpenuhi, maka e-commerce tersebut akan mengantongi izin untuk uang elektronik dari bank sentral.

“Perlindungan konsumen itu penting dan diutamakan. BI meng-assess (melakukan asesmen atau pemeriksaan) sesuai peraturan yang berlaku,” jelas Pungky.@km,Eld-Licom