Ini panser anti pesawat bikinan terbaru PT Pindad

Dilengkapi kubah kanon 20 mm

Panser Canon IFV buatan PT Pindad

LENSAINDONESIA.COM: Perusahaan pembuatan peralatan militer asli Indonesia, PT Pindad, memamerkan salah satu produk panser buatannya dalam gelaran Indonesia Business and Development (IBD) EXPO di JCC Senayan. Panser Canon IFV hasil produksinya itu mempunyai berat 14 ton dan dilengkapi senjata dengan peluru kaliber 20 mm sehingga diklaim bisa mengantisipasi serangan udara.

Dengan kubah kanon 20 mm, Panser Canon IFV yang berlapis baja dibangun dari basis Anoa 2 dan dirancang untuk menahan gempuran serangan dari udara atau pesawat tempur.

Panser Canon bisa dimuati 7 personel. Pintu belakang digunakan masuknya 4 personel dan 3 kru panser yang terdiri dari pengemudi dan dua personel operator pada kubah.

Sistem operasi pada kubah diawaki dua orang yang didukung kapabilitas perangkat penglihatan siang/malam (advanced electro optical sighting) dan pengukur jarak ke sasaran.

Senjata utama panser ini adalah kanon dengan kaliber 20 mm yang menyasar pesawat tempur. Selain itu juga dilengkapi senapan mesin sedang kaliber 7,62 mm yang beroperasi secara coaxial pada sisi kanan dan kiri bagian atas hatch lengkap dengan perisai anti peluru.

Engineering Divisi Teknologi Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad, Martin Ardianto mengatakan, kendaraan ini telah mencapai prototipe 100% dan mendapatkan sertifikasi.

PT Pindad saat ini menunggu pesanan dari Kementerian Pertahanan untuk produksi masal Panser Canon ini. “Rencana mau dicoba di Kopasus dulu,” jelasnya, Jumat (22/9/2017). @LI-15