Dongkrak kreatifitas, YouTube FanFest Showcase sambangi Surabaya

Pertemukan kreator dan penggemar

Kreator YouTube saat berada di acara Press Conference YouTube FanFest Showcase Surabaya (6/10/2017) di Hotel Ciputra World. Foto: Iwan/LensaIndonesia.com

LENSAINDONESIA.COM: Setelah sukses digelar di Yogyakarta, Google Indonesia mengadakan YouTube FanFest Showcase di Surabaya. Acara yang mempertemukan antara kreator Youtube dengan penggemar ini digelar disalah satu pusat perbelanjaan di Surabaya barat mulai hari ini hingga Minggu (8/10/2017).

Ada sejumlah kreator YouTube yang akan dihadirkan. Diantaranya, Bayu Skak, Ria Ricis, Salshabilla dan Hanin Dhiya. Kreator daerah seperti Gamelawan, Tepe46, Yudist Ardhana dan Abdi Kios juga akan berbagi panggung dengan kreator lainnya.

“Acara ini (YouTube FanFest Showcase) bertujuan untuk lebih mendekatkan penggemar dengan kreator YouTube. Surabaya kan salah satu kota besar di Indonesia. Saya kira pengguna YouTube di kota ini pasti sangat besar,” kata Head of Consumer Marketing, Google Indonesia, Fibriani Elastria, Jum’at (6/10/2017).

Dia menambahkan, pengguna YouTube di Indonesia, merupakan salah satu dari 10 pengguna terbesar di dunia. Ini karena jumlah populasinya yang mencapai 260 juta. Dari jumlah itu, sekitar 135 juta sudah menjadi pengguna internet aktif. Saat ini, pengguna YouTube di Indonesia sebanyak 50 juta. Jumlah itu naik signifikan dibanding tahun lalu yang jumlah penggunanya sebanyak 35 juta.

“Hingga akhir tahun ini, kami optimistis jumlah pengguna YouTube akan jauh lebih banyak lagi,” ujarnya sembari enggan menyebut berapa target pengguna hingga akhir tahun ini.

Guna mendongkrak pengguna YouTube, Google Indonesia pada 28 September lalu melauncing YouTube Go. Aplikasi ini mampu menghemat penggunaan kuota pemakainya. Aplikasi berbagi video ini dilengkapi dengan fitur-fitur penting seperti transparansi kuota dan kemampuan pratinjau sebelum menonton video secara utuh. Pengguna juga bisa mengunduh video dan menontonnya di kemudian hari. Fitur ini membuat pengguna hanya menggunakan data internet sekali saja.

“Jika ingin menghemat data, unduh saja video yang ukurannya paling kecil, namun risikonya resolusi gambar akan lebih rendah,” jelasnya.

Sementara itu, Kholis Kurniawan, nama asli dari Gamelawan mengatakan, saat ini jumlah subscriber nya sudah mencapai 130.000. Pria bertubuh ceking asal Lamongan, Jawa Timur (Jatim) ini mulai mengunggah video di YouTube pada 2015. Dia mulai dikenal ketika menyanyikan lagunya Wiz Khalifa berjudul See You Again. Lagu ini diaransemen dengan menggunakan gamelan dan dinyanyikan dalam bahasa Jawa. Yang terbaru, dia mengaransemen lagu Despacito.

“Saya mengunggah video di YouTube karena ingin mengekspresikan karya seni saya dan bisa lebih dikenal luas masyarakat,” katanya.@wan