Khofifah Indar Parawansa: Perempuan harus jadi agen perdamaian

Tingkatkan kemampuan dan kapasitas

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

LENSAINDONESIA.COM: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa kaum perempuan masa kini harus bisa menjadi agen perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Perempuan era kini harus mampu memerankan diri sebagai agen perdamaian. Itu wajib,” kata Khofifah, yang pada Minggu berada di Sumenep antara lain untuk menghadiri peringatan Hari Perdamaian Internasional 2017 di Ponpes Annuqayah Guluk Guluk.

“Dalam konteks peran, saat ini sudah tidak ada beda antara kaum laki-laki dengan perempuan. Peran kaum perempuan sudah masuk ke semua lini, termasuk perencanaan dan pengawasan program,” katanya.

Ia menekankan kaum perempuan sekarang harus terus meningkatkan kemampuan dan peranan dalam masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“Kemampuan kaum perempuan itu sama dengan laki-laki. Peningkatan kemampuan dan kapasitas diri oleh perempuan harus senantiasa dilakukan agar lebih berdaya dan bersaing guna,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pendidikan di pondok pesantren juga mengajarkan kesamaan hak antara kaum laki-laki dengan perempuan. @ant/licom