Tahun 2020, pesawat bertenaga listrik bakal dihadirkan perusahaan startup ini

Zunum kerjasama dengan Boeing dan maskapai JetBlue

Ilustrasi pesawat tenaga listrik

LENSAINDONESIA.COM: Setelah kehadiran mobil bertenaga listrik mulai banyak berlalu-lalang di jalanan, kini sebuah perusahaan startup Zunum asal Seattle, Washington, Amerika Serikat, sedang mengembangkan pesawat bertenaga listrik yang menggabungkan daya baterai dengan generator konvensional (hybrid).

Didukung pabrikan pesawat Boeing dan maskapai JetBlue, Zunum pada tahun 2020 menargetkan pesawat listrik pertama buatannya akan diluncurkan. Pesawat bertenaga listrik itu untuk sementara didesain mengangkut 12 penumpang.

Dilansir dari Mashable, Senin (9/10/2017), pesawat listrik hybrid buatan Zunum ini juga dirancang agar mampu terbang sejauh 700 mil, sesuai kebutuhan penerbangan rute pendek.

Pesawat bertenaga listrik tersebut diklaim bisa mengurangi emisi gas buang dan kebisingan hingga 80 persen dibandingkan pesawat jet konvensional yang ada saat ini.

Sementara itu, maskapai Eropa, Easyjet juga berencana meluncurkan layanan pesawat bertenaga listrik pada 2027. Mereka menggandeng perusahaan startup Wright Electric membuat pesawat terbang bertenaga listrik kapasitas 120 hingga 220 penumpang dengan daya jelajah 335 mil. @LI-15