Dodol wijen dan bir pletok ramaikan Festival Kuliner Betawi dan Bazaar PKK se DKI

Di TMMI, Isteri Gubernur Djarot bersahaja jelang diganti Nyonya Anies

Suasana setting kuliner Betawi di Taman Mini Indonesia Indah. @foto: iksan

LENSAINDONESIA.COM: Ibu ibu PKK wilayah DKI tumplek di Taman Mini. Unit Pengelola Graha Wisata dan Anjungan DKI TMII menyelenggarakan
Festival Kuliner dan Bazar Ibu ibu PKK  se DKI Jakarta. Kegiatan ibu-ibu ini berlangsung dua hari  di Anjungan DKI Jakarta TMII.

Kegiatan kulinet ini Sabtu dan Minggu, (7-8/10/2017) akhir pekan lalu diikuti 44 PKK Kecamatan se DKI Jakarta.  Lomba  ini dibuka Ketua TP PKK DKI Jakarta Ny Happy Djarot Saiful Hidayat dengan sahaja.

Rupanya, ini kegiatan gebyar terakhir di Taman Mini bagi Nyonya Djarot yang suaminya dalam waktu dekat serahterima dengan Gubenur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Artinya, posisi Nyonya Happy Djarot sebagai orang nomer satu di PKK akan digantikan Nyonya Anies Baswedan.

“Hari pertama, kita gelar bazar produk makanan yang diikuti ibu-ibu PKK dari seluruh kecamatan di DKI Jakarta. Kalau icip icip gratis,” kata Kepala UP Graha Wisata dan Anjungan DKI Jakarta Drs Fadlan Z.

Tampak serius mencermati acara, Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur Iwan Henry Watdhana, Camat Jatinegara Nasrudin Abubakar, dan pejabat Disparbud  DKI Jakarta Asiantoro.

Kepala UP Graha Wisata dan Anjungan DKI Jakarta Drs Fadlan Z, juga terlihat cukup sibuk. Juga nampak tidak kalah sibuk, Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Graha Wisata dan Anjungan TMII Bambang Ismadi menjelaskan,

Lomba kuliner Betawi disediakan hadiah Juara I Rp 10 juta, ke 2 Rp 8 juta, dan ke 3 Rp 7 juta.  Ada hadiah Harapan 1 dan 2 masing masing Rp 6 dan Rp 5 juta.

Di antara peserta bazar, tampak PKK Kecamatan Jatinegara memamerkan telor asin buatan PKK Kelurahan Rawabunga. Ada pula, kue cincin, dan selendang mayang.

PKK Kelurahan Gunung kecamatan Kebayoran Baru menyuguhkan bir pletok, dodol wijen. “Ini bikinan Kelurahan Gunung,” kata Lurah Gunung Nurmuhyadi yang mengawal isterinya, Ny Endah selaku anggota PKK Kecamatan Kebayoran Baru.

Sementara itu, PKK Kepulauan Seribu Utara menjual crispy ikan selar. Pada kesempatan itu, penyelenggara bazar dan lomba kuliner memberikan belasan hadiah kepada ibu- ibu PKK maupun para tamu yang mampu menjawab pertanyaan yang diajukan Bambang Ismadi. @rls