Takjil Pertama, MAS Siapkan 2500 Nasi Bungkus

LENSAINDONESIA.COM: Buka Puasa pertama di Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) menyiapkan sebanyak 2500 nasi bungkus untuk berbuka puasa. Selain itu, untuk buka puasa juga disediakan 2500 bungkus Kurma dan 2500 gelas air mineral.

“Untuk kali ini pihak MAS menyediakan 2500 Nasi bungkus dan jumlah itu tidak pasti karena ada beberapa pihak yang menyumbang,” kata Hasmiah Hasan, Kordinator Takjil MAS, Senin (1/8/2011).

Ia menjelaskan muslimin yang hendak berbuka di MAS ini ada aturan tersendiri. Yakni begitu bedug Magribh di tabuh, para muslimin hanya boleh menyantab tiga biji buah Kurma dan segelas air mineral yang sudah disediakan panita.

“Usai menyantap Takjil langsung Sholat Magribh berjamaah. Setelah itu nasi bungkus dibagikan dan setelahnya boleh langsung disantap,” katanya.

Menurut Hasmiah, jumlah Muslimin yang  berbuka puasa di MAS ini akan mengalami peningkatan pada Malam Jum’at dan Malam Minggu. “Pada hari itu penyediaan nasi bungkus mencapai 3500 Bungkus,” tambahnya.

Sementara peningkatan juga terjadi ketika sepuluh hari menjelang Idul Fitri. Pada hari itu memang banyak kaum Muslimin yang beriktikaf. Pada momen itu, jumlah jamaah di MAS melonjak tajam. Bahkan, panitia juga harus menyediakan makanan untuk Sahur.

“Selama Ramadan juga disediakan makanan untuk mereka yang bertadarus Al Qur’an. Biasanya disediakan minuman Kopi dan sejumlah camilan untuk menemani tadarus,” kata wanita yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Pembinaan Keluarga Sakinah MAS.ali

Caption: Suasana Bersantap Takjil di Masjid Al Akbar Surabaya