LENSAINDONESIA.COM: Argentina dengan pelatih barunya dipastikan akan membawa angin segar mencapai puncak kejayaan.

Alejandro Sabella, pelatih baru Argentina sejak Senin (1/8/2011) resmi mengikat kontrak. Sedangkan, Sergio Batista memutus kontrak minggu ini akibat keprihatinan mereka dalam turnamen sepak bola Copa America.

Lahir: 5 November 1954 di Buenos Aires

Karir bermain:

Pemain berbakat yang mengawali karir di River Plate dan diketahui amat mengagumi pemain kondang klub itu, Norberto Alonso. Ia merupakan bagian dari anggota tim yang memenangi tiga gelar liga pertengahan tahun 1970-an.

Ia pindah ke klub divisi dua Inggris Sheffield United pada 1978 dan kemudian ditransfer ke Leeds United pada kompetisi elit Inggris, sebelum kembali ke Argentina pada 1981 untuk bermain dengan Estudiantes dan memenangkan klub itu meraih gelar liga pada 1982 dan 1983.

Ia diberi julukan Pachorra (slang bahasa Argentina berarti lamban) karena ia lamban membuat jarak dengan lawannya ketika sedang bermain, juga di luar lapangan.

Karir pelatih :

Lama sebagai asisten teman setimnya Daniel Passarella ketika melatih River Plate, dalam timnas Argentina 1995-98, Uruguay, di Parma Italia, Monterrey di Meksiko dan Corinthians di Brazil.

Sebagai kepala pelatih di Estudiantes pada 2009 dan membawa klub itu untuk keempat kalinya memenangi Piala Libertadores serta Kejuaraan Liga Apertuga.

Desember lalu dengan mengejutkan mengundurkan diri dari klub itu, beberapa hari sebelum dimulai kompetisi Clausura pada Februari. OLG/LI-10