LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum DPP SRI Damianus Taufan meyakini mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang diusung partainya sebagai Capres 2014 tidak bersalah dalam skandal Bank Century.

“Tentu kami yakin dalam kasus Bank Century Bu Sri Mulyani bersih dan tidak bersalah, sehingga kami (SRI-red) berani mencapreskan pada pemilu 2014,’’ ujarnya  setelah mendaftarkan SRI sebagai partai peserta pemilu 2014 pada Kantor Kemenkum HAM, Rabu, (3/8/2011).

Sebagai pembuktian bahwa Sri Mulyani bersih dan tidak terlibat kasus bailout Bank Century, Damianus Taufan mempercayakan pada proses pembuktian secara hukum untuk penuntasan kasus pengucuran senilai 6,7 triliun tersebut.

“Biar proses hukum yang membuktikan, mana yang salah mana yang benar. Karena di luar proses hukum kita tidak bisa klaim mana yang benar, mana yang salah,” jelasnya.

Namun demikian, meski pemilu masih jauh dan baru didaftarkan, SRI menjadi satu satunya partai yang sejak awal berani menunjukkan siapa capres yang diusungnya. Sementara, hingga kini belum satu pun pernyataan resmi dari Sri Mulyani yang kini menjabat sebagai Managing Director World Bank, bahwa dirinya bersedia dicapreskan.

Usai didaftarkan, meski yakin SRI dapat lolos verifikasi sebagai partai peserta pemilu 2014, namun Damianus enggan bicara target dan hanya berharap mendapat dukungan sebanyak banyaknya dari masyarakat.

“Kalau bicara target tentu semua partai ingin dapat dukungan suara sebanyak-banyaknya. Tapi, nanti kita lihat bagaimana proses kedepan, semoga partai ini sukses,” jawabnya singkat.esa/LI-07