LENSAINDONESIA.COM: PT KAI Daops 8 Surabaya khawatir degan rangkaian onderdil Kereta Api, itu menyusul semakin meningkatnya frekuensi jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api.

Membludaknya pengguna transportasi massal ini mendapat perhatian khusus, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya pada saat musim arus mudik maupun arus balik lebaran terjadi peningkatan pada H-15 dan H+15.

Menurut Kepala Humas PT Kereta Api Daops 8 Surabaya, Sri Winarto,  suspensi  rangka bawah pada kereta Boggi, roda, dan pegas, memang perlu diwaspadai dan mendapatkan perhatian khusus  pada arus mudik  lebaran. Karena perlengkapan atau peralatan tersebut merupakan bagian yang sangat vital.

Selain memperbaiki dan mengoptimalkan kereta api yang sudah ada, pihak PT KAI juga telah mempersiapkan beberapa kereta api cadangan apabila terlihat volume penumpang di luar prediksi.

“Maka dari itu jauh jauh hari kita sudah melakukan perawatan dan perbaikan Kereta Api yang disiagakan pada arus mudik lebaran sebelum volume penumpang mengalami peningkatan,” terang Sri Winarto, Jumat (5/8).

PT KAI Daops 8 juga menambah tenaga personel dalam rangka mengintensifkan pemeriksaan kondisi rel sebelum keberangkatan kereta api dari stasiun satu ke stasiun lainnya selama Lebaran.

“Pada hari-hari biasa, hanya satu orang personel yang bertugas. Tapi, selama masa mudik dan balik nanti, kami tambah satu personel lagi di setiap stasiun,” lanjutnya.ded/LI-07