LENSAINDONESIA.COM: Panitia seleksi (pansel) calon pemimpin KPK mengumumkan hasil seleksi tahap ketiga tes profile assessment. Ketua Pansel, Patrialis Akbar menuturkan peserta yang lolos akan mengikuti wawancara dengan pansel 15 Agustus 2011 mendatang.

“Peserta yang lolos akan mengikuti wawancara dengan pansel sebelum diserahkan ke DPR,”ujar Patrialis yang juga Menteri Hukum dan HAM di kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis (4/8).

Namunpansel diminta untuk tidak meloloskan calon yang berpotensi punya masalah. Harapan itu disampaikan anggota Komisi III DPR Nasir Djamil, Jumat (5/8/2011), terkait dengan 10 kandidat yang lulus tahap psikotes dan selanjutnya akan menjalani proses wawancara.

Nasir menilai, dari 10 kandidat yang masih bertahan saat ini, setidaknya 5 kandidat secara keilmuan cukup mumpuni. Namun dari sisi integritas, terdapat 3 orang.

Komposisi tersebut dinilai belum ideal. Nasir menyebutkan, salah satu penyebabnya adalah karena keanggotaan tim seleksi didominasi oleh sosok yang tidak terlibat saat UU KPK dibentuk.

Jika melihat komposisi kandidat saat ini, Nasir memperkirakan Komisi III akan kesulitan mendapatkan calon pimpinan KPK yang bersosok “setengah dewa”.

“Saya belum bisa prediksikan bagaimana fraksi-fraksi nantinya jika sulit menemukan figur yang mumpuni dan dipercaya publik,” katanya.

Berikut adalah 10 calon pimpinan KPK yang lolos seleksi pertama:

1.Abdullah Hehamahua (penasihet KPK)

2. Abraham Samad (advokat)

3. Aryanto Sutadi (purnawirawan polisi)

4. Bambang Widjoyanto (advokat)

5. Egi Sutjiati (pejabatdi Mahkamah Agung)

6. Handoyo Sudrajad (Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat  KPK)

7. Sayid Fadhil (akademisi)

8. Yunus Husein (Ketua PPATK)

9. Zulkarnain (Koordinator Staf Ahli Kejaksaan Agung)

10.Adnan Pandupradja (Komisi Kepolisian Nasional)

ari/LI-07