Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Amerika

Foto-foto Letusan Gunung Chile yang Dahsyat 

LENSAINDONESIA.COM: Ini merupakan kumpulan foto menakjubkan dari meletusnya pegunungan berapi Caulle Puyehue-Cordon Chile, pada Senin (6/6/2011) lalu.

Akibat letusan itu, pemerintah setempat terpaksa mengungsikan 3500 warganya.

Letusan yang mengeluarkan abu vulkanik dan lahar itu menghujani Chile bahkan hingga negara tetangga Argentina.

Chile sendiri saat itu belum bisa memastikan gunung mana diantara empat gunung yang ada di pegunungan Caulle Puyehue-Cordon itu meletus, karena masih terhalang oleh cuaca buruk dan abu vulkanik.

Dailymail sendiri memberitakan berita-berita letusan gunung tersebut. Namun yang mengesankan, justru foto-foto letusan gunung yang sangat indah.

Bila melihat satu persatu fotonya, betapa menakjubkan sekaligus dahsyatnya letusan tersebut. Akibatnya, abu vulkanik terbang hingga ribuan kilometer ke angkasa hingga menembus atmosfir. Benar-benar luar biasa.

Gunung yang terletak di punggung bukit antara dua kawah sebelah barat perbatasan Chile-Argentina, menerbangkan abu vulkanik hingga enam mil ke Samudera Atlantik dan bahkan ke selatan provinsi Buenos Aires, ratusan mil ke utara-timur.

Pemandangan yang terjadi pun luar biasa. Awan berbentuk jamur dan awan yang diselingi petir bisa dilihat dengan mata telanjang. Bahkan jika dilihat dari atas, maka awan dari letusan gunung berapi itu terlihat seperti ledakan nuklir.

Letusan ini juga membatalakan penerbangan dari dalam dan keluar Chile dan negara tetangganya.

Chile mempunyai sekitar 2.000 gunung berapi, terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Bakan 50 sampai 60 gunung berapi yang ada di Chile pernah meletus, sedangkan 500 lagi berpotensi aktif.

Anda penasaran, lihat saja fotonya di sini: http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1395070/Thousands-flee-homes-flights-grounded-Chilean-volcano-sends-plumes-ash-showering-down.html.nov/LI-07

Baca Juga:  Bawa 4 kg sabu ke Surabaya, sepasang kekasih dibekuk