LENSAINDONESIA.COM: Polda Jatim mengaku siap mengamankan mudik lebaran tahun ini. Karena itu pihak polda telah menyiapkan program ‘mudik awal’ dan ‘balik awal’.

“Semua pemudik, terutama yang menggunakan motor akan kita kawal. Dan kita juga canangkan program mudik awal dan balik awal yang akan kita himbau dan wacanakan langsung ke tiap-tiap perusahaan yang ada di Surabaya. Sehingga masyarakat bisa sampai tujuan dengan selamat dan dapat menikmati lebaran dengan keluarga,” demikian kata Kapolda Irjen Pol Hadiatmoko di sela-sela buka bersama di Gedung Mahameru, Mapolda, Jumat (5/8).

Tujuan dilakukannya program tersebut, menurut Kapolda, untuk mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran dan mengurangi tingkat kecelakaan yang biasanya menjadi tren setiap arus mudik dan balik lebaran.

ntuk tahun 2011 ini, kepolisian akan menurunkan 16.000 personil dalam pengamanan mudik lebaran. Selain itu jajaran kepolisian juga akan mengoptimalkan masjid-masjid bintang yang memiliki lahan parkir luas, sehingga dapat digunakan pemudik untuk beristirahat dan berbuka puasa dan sahur.

“Semua makanan dan minuman buat pemudik yang masih berpuasa akan kita siapkan di masjid-masjid tersebut, semuanya gratis. Untuk masjid-masjid yang pelayanannya baik akan mendapatkan tropy award dari Kapolda dan Gubernur,” timpalnya.

Selain itu pihaknya juga mengaku sedang menjalankan program “Polisi Sahur” yang efektif kemarin lusa (Kamis, red).

Program tersebut dimulai pukul 02.00 dini hari, Sabtu (6/8) yang berlaku bagi Polsek dan Polres di Surabaya.

“Seluruh jajaran wajib menjalankan program ini sampai hari-H nanti. Program ini juga untuk mengeliminir kejahatan-kejahatan yang biasanya meresahkan masyarakat jelang lebaran,” terangnya sambil meninggalkan para wartawan.ded/LI-07