LENSAINDONESIA.COM: Dugaan kepemilikan dua paspor oleh Syarifuddin akhirnya dimentahkan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Pasalnya, Syarifuddin tercatat di Imigrasi hanya memiliki satu paspor, yang kini dipakai Nazaruddin kabur ke luar negeri.

Pernyataan Dirjen Imigrasi yang menyebutkan jika Syarifuddin hanya memiliki satu paspor, semakin menguatkan dugaan keterlibatan Syarifuddin untuk meloloskan Nazaruddin ke luar negeri. Pasalnya, dalam paspor tersebut tercatat jika tanggal 27 Juli paspor itu digunakan Syarifuddin ke Singapura, namun sebelumnya yakni bulan Mei paspor itu dipakai Nazaruddin untuk kabur ke luar negeri. Artinya, setelah paspor itu digunakan Nazaruddin untuk kabur ke luar negeri, dikembalikan lagi ke Syarifuddin dan dipakai Syarifuddin untuk bepergian ke Singapura.

“Dua paspor yang mana. Tidak ada dua paspor,” jelas Dirjen Penyidikan Imigrasi, M Husin, di Jakarta, Kamis (11/8/2011).

Diketahui, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sebelumnya menerangkan paspor Syarifuddin hilang. “Paspor Syarifuddin hilang. Makanya, diduga Nazaruddin yang menggunakan paspor Syarifuddin ke luar negeri,” jelas Dirjen Penyidikan Imigrasi, M Husin. HKM/LI-10