LENSAINDONESIA.COM: Yingluck Shinawatra, merupakan salah satu PM (Perdana Menteri) wanita termuda. Dia terpilih menjadi PM Thailand di usianya baru menginjak 44 tahun.

Wanita fotogenik ini dipilih DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Thailand setelah partai Pheu Thai milik kakaknya Thaksin Shinawatra memenangkan pemilu, bulan lalu.

Sehingga, Yingluck secara otomatis menggantikan posisi kakaknya menjadi PM Thailand sejak Senin besok.

Dengan terpilihnya Yingluck menjadi PM Thailand, Presiden Barack Obama, seketika memberikan ucapan selamat, Sabtu (13/8/2011)

Dalam keteranganya, Obama berjanji akan tetap memperkuat hubungan bilateral, terlebih lagi memperkuat perdamaian dan sytabilitas kawasan Asia Pasifik.

Namun demikian, Yingluck menolak tuduhan jika dirinya lolos menjadi PM Thailand lantaran popularitas kakaknya. Bahkan, dia juga mengelak dengan anggapan tidak mempunyai basic pendidikan politik.

“Ayah saya adalah seorang politikus dan begitu juga saudara saya. Jadi, saya sudah tahu tentang politik sejak saya masih kecil,” jelas Yingluck.

Diketahui, Yingluck lahir di Provinsi Utara Chiangmai, Thailand, pada 27 Juni 1967. Dia memiliki dua ijazah di bidang politik, sarjana dari Provinsi Utara Chiangmai, basis kekuasaan keluarganya dan gelar master dari US Kentucky State University. Wanita muda ini memiliki satu orang anak dari pernikahannya dengan pengusaha Amornchat Anusorn. PLT/LI-10