Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Art & Culture

Gokil Abis, Kakek Angga Tidak Tidur Selama 21 Tahun 

Bisa jadi apa yang dialami I Wayan Angga Wijaya (62) sulit ditemukan pada diri manusia normal. Bagaimana tidak, jika umumnya orang bisa sampai 6 jam terlelap dalam mimpi setiap hari, namun pria asal Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali ini tidak bisa tidur selama 21 tahun lamanya.

—————————————–

Kakek Angga, demikian pria bertubuh pendek gemuk itu kerap disapa warga. Dia mengaku tidak mengetahui apa yang terjadi pada dirinya, sehingga tidak bisa tidur seperti orang normal.

Jika umumnya orang tidak tidur sehari saja bisa sempoyongan langsung jatuh sakit, justru berbeda dengan Kakek Angga yang tetap sehat segar bugar.

“Sampai saat ini tidak ada yang bisa menjelaskan penyakit saya apa? Yang pasti saya tidak bisa tidur, itu saja keluhan saya selama ini,” katanya ditemui di kediamannya di Denpasar Timur.

Padahal sebelumnya, saat masih kecil hingga dewasa kehidupannya berjalan normal dan bisa tidur saat dirinya lelah. Namun sejak 21 tahun silam setelah menikah, tepatnya dan tinggal di Denpasar, praktis rutinitas itu tidak lagi dialaminya.

Meski harus begadang semalam suntuk bahkan berhari-hari, ketika hadir dalam kegiatan upacara atau undangan warga Kakek Angga tak merasakan ngantuk sedetik pun.

Ketika warga lainnya tertidur pulas, justru dia gelisah tidak bisa tidur walaupun sudah berbaring di kasur empuk. Jika semua keluarganya tidur, maka mantan pekerja hotel itu, menghabiskan malam sendirian dengan nonton TV seorang diri.

Sang kakek juga tidak bisa merasakan matanya lelah meski telah menonton tv sepanjang malam. “Saya paling suka nonton bola, sampai pagi,” katanya menceritakan pengalaman sepanjang 21 tahun ini.

Meskipun malam tidak bisa tidur, namun hebatnya Kakek Angga tidak mengantuk esok harinya. Dia tetap mengantar ketiga cucunya ke sekolah, dan menghabiskan waktu menjaga cucu di rumah. Hingga hari berikutnya, Angga juga seperti itu. Dia tetap tidak tidur. Hari berikutnya pun demikian.

Baca Juga:  Songsong era industri 4.0, XL Axiata gembleng 600 pelajar di program XYLC 2019

Sebenarnya pihak keluarga kasihan dengan derita Kakek Angga yang tidak bisa tidur itu, merekapun telah memeriksakannya berobat baik ke dokter maupun pengobatan alternatif.

“Semua pengobatan telah kita coba, baik dari medis maupun non medis. Namun semua nihil,” demikian dikatakan keluarga Kakek Angga.

Meski telah banyak menghabiskan uang dan obat-obatan tidur, tetap saja matanya tidak bisa terpejam. Mata Kakek Angga malah semakin melek seperti dia memiliki energi yang besar.

Bahkan ketika dia memaksakan menutup kedua matanya agar bisa tidur, namun bukannya terlelap justru rasa pedas dan perih yang dirasakan.

“Ini malah kebalikannya. Kalau saya pejamkan mata, malah saya merasa pedih dan perih. Padahal kalau yang namanya orang mengantuk itu kan matanya perih, kalau saya tidak,” tutur Kakek Angga.

Terkadang jika merasa tidak enak dengan keluarganya, terlebih dengan sang istri Ni Wayan Getri, karena tidak kunjung tidur Kakek Angga lantas pergi keluar sekadar jalan kaki atau menonton TV di pos ronda.

Jika ada orang yang meragukan apakah dirinya mampu tidak tidur sepanjang malam bahkan berhari-hari, dia pun menantang siapa saja untuk membuktikannya.

“Iya silakan buktikan sendiri datang ke rumah, saya ajak begadang tidak tidur, sambil bermain catur,” katanya sembari tertawa lebar.bnj/LI-07