LENSAINDONESIA.COM: Meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 masih jauh, namun persiapan ‘bertarung’ dalam pesta demokrasi tiga tahun mendatang sudah disiapkan oleh Partai Hanura Jawa Timur. Salah satunya adalah membuka pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg).

Ketua DPD Hanura Jatim, Kuswanto mengatakan, membuka pendaftaran Caleg jauh sebelum pelaksanaan Pemilu dilakukan, agar partai dan para calon Caleg benar-benar menyiapkan diri.

“Para Caleg kita beri kebebasan memilih daerah pemilihan (Dapil). Itu kita lakukan agar Caleg pada Pemilu nanti paham betul dengan daerahnya. Dan masyarakat jauh hari sudah mengenal siapa-siapa bakal Caleg Hanura di daerahnya,” kata Kuswanto, Selasa (16/8/2011).

Menurut Kuswanto, dengan mendaftar sebagai Caleg mulai sekarang, para Caleg tersebut bisa melakukan sosialisasi ke masyarakat. Yang Pasti, kata dia, kerja politik para Caleg Hanura yang dilakukan sejak dini ini tidak boleh dianggap sebagai jalan mendahului star kampanye.

“Dengan begitu DPD Partai Hanura Jatim nantinya tinggal memberi arahan dan petunjuk teknis agar yang bersangkutan bisa menang memperoleh kursi pada Pemilu 2014,” ujarnya.

Pada Pemilu 2914 mendatang, Partai Hanura Jatim menergetkan satu Dapil satu kursi atau satu kursi plus. Artinya, Dapil yang belum mendapat kursi sama sekali ditargetkan mendapat satu kursi. “Sedangkan, jika Dapil sudah dapat satu kursi, ya harus bisa lebih dari satu kursi,” ujarnya. RID/LI-10