LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 6.014 mahasiswa baru (maba) resmi menjadi keluarga baru Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) setelah dikukuhkan langsung oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA  melalui Rapat Senat Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru 2011/2012 di Gedung Graha ITS, Senin (15/8/2011).

Dalam sambutannya, usai pengukuhan mahasiswa baru, selain mengucapkan selamat kepada maba, Rektor ITS berpesan agar mahasiswa baru ITS menjadi generasi penerus bangsa yang akan mewujudkan mimpi Indonesia di tahun 2045 mendatang. ”Ir Soekarno pernah menyampaikan jika 2045 kelak Indonesia akan menjadi negara super power dengan sederet masalah sosial. Dan itu adalah tugas kalian sebagai generasi penerus bangsa,” ungkap Tri Yogi.

Selanjutnya, Guru Besar Teknik Mesin itu juga berpesan agar para maba memengang prinsip jika hidup untuk proses untuk berkembang. ”Dunia kampus tidak hanya lahan untuk belajar pengetahuan tetapi juga belajar kemampuan,” ujarnya.

Menurut Prof Ir Arif Djunaidy MSc PhD selaku Pembantu Rektor I (PR I) ITS menyebutkan jika untuk tahun ajaran 2011/2012 ITS menerima 6.014 mahasiswa baru dari berbagai jalur masuk. Seperti, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik undangan maupun tulis, Program Kemitraan dan Mandiri (PKM), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN), Ujian Masuk Pendidikan Diploma (UMPD) maupun jalur Ikatan Dinas.

”Jumlah tersebut terbagi dalam enam kategori mahasiswa,” terang Arif. Yaitu, Pasca Sarjana, Sarjana, Lintas Jalur (LJ), Diploma, Double Degree, dan Bidik Misi. Untuk Pasca Sarjana ini, terdapat 424 mahasiswa. Mereka terdiri dari enam puluh mahasiswa Program Doktor dan 384 mahasiswa Program Magister.

Program Sarjana menerima 3.470 mahasiswa yang terbagi dalam tahap sarjana dan LJ. Untuk tahap sarjana, terdapat 913 mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN undangan dan 1.299 mahasiswa masuk lewat jalur SNMPTN tulis. Selain itu, terdapat 935 mahasiswa diterima lewat jalur PKM. Jumlah tersebut terdiri dari 160 mahasiswa jalur Kemitraan dan 775 mahasiswa jalur Mandiri.

Sementara itu, sebanyak 39 mahasiswa diterima lewat ikatan dengan Departemen Agama (Depag). Untuk LJ sendiri menerima 259 mahasiswa untuk jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Statistika dan Teknik Sipil. Untuk tahun ini, ITS juga membuka program Double Degree in Marine Engineering. Tercatat sebanyak 24 mahasiswa yang berhasil mendapatkan kesempatan tersebut.

Untuk jalur diploma, terdapat 2.051 mahasiswa yang diterima untuk jenjang Diploma 4 (D4) dan Diploma 3 (D3) untuk ITS dan politeknik. “747 mahasiswa D3 dan 1.904 mahasiswa D3,” lanjutnya.

Seperti tahun lalu, ITS juga menerima mahasiswa lewat jalur Bidik Misi sebanyak 450 mahasiswa. Sementara itu, tahun ini ITS juga menerima satu mahasiswa asing untuk mengemban ilmu di ITS. ian/LI-08