LENSAINDONESIA.COM: Malam Lailatul Qadar banyak yang mengatakan 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan. Sebagian diantaranya berpandangan di hari-hari ganjil diwaktu tersebut. Namun, masih banyak umat Islam yang menetapi malam seribu bulan tersebut bisa jatuh dihari-hari selama bulan ramadhan.

Sejak paruh bulan suci warga masyarakat Tuban terlihat sudah memilih tempat yang afdol untuk melakukan itikaf. Kondisi itu terlihat dari arus umat Islam yang semakin sering mengunjungi dan berlama-lama diam dimasjid-masjid.

Lantas, dimasjid manakah mereka banyak menjatuhkan pilihan untuk beritikaf.  Pantauan Licom, masjid Agung Tuban yang terletak dijantung kota lebih banyak pengunjung baik siang, ataupun malam hari dibandingkan dengan masjid lain.

Menurut warga,  salah satu kelebihan masjid tersebut diantaranya lebih luas sehingga bisa memilih tempat untuk berdiam diri, dan melakukan ibadah. Selain itu, fasilitas untuk bersuci juga lebih lengkap, bersih, dan penerangan lampunya pun cukup. ‘’Lebih aman dan nyaman,’’ tutur Rudi, warga Bejagung Kecamatan Semanding.

Masjid yang letaknya tidak jauh dari makam Sunan Bonang ini dalam kesehariannya memang ramai dikunjungi warga. Tempat ibadah ini juga menjadi salah satu tujuan ngabuburit di bulan ramadhan, selain kawasan pantai. ‘’Biasanya mendekati akhir puasa ini semakin banyak yang bermalam,’’ tutur salah seorang pengunjung masjid berasitektur modern ini. jan/LI-08