LENSAINDONESIA.COM: Dua merek kamera DSLR yang selalu bersaing ketat yakni, Canon dan Nikon memang tak henti-hentinya menjadi perbincangan hangat di banyak forum pecinta fotografi, meski banyak merek lain yang tak kalah bagus.

Seperti yang sudah banyak berkembang di masyarakat, bahwa untuk memperdalam keilmuan fotografi maka harus memahami jenis-jenis kamera dari merek hingga tetek bengek lainnya.

Jika ditanya mana yang lebih bagus, susah untuk dijawab. Karena, masing-masing merk memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan kamera nikon dan canon

Canon: merupakan salah satu merek yang paling banyak diminati di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang beragam tetapi lengkap, mulai dari kualitas rendah hingga tinggi. Dan jenis kameranya juga beragam dari yang untuk pemula hingga profesionalpun ada.

Untuk kamera pemula milik Canon sangat bagus, misalnya 1000D, 450D, 500D, 550D; mudah digunakan,antara muka dan menu yang rapi terorganisasi dengan baik. Tetapi kekurangan untuk kamera pemula ini adalah bahannya yang agak murahan sehingga tidak begitu enak genggamannya. Untuk kelas menengah atas kualitas gambarnya yang baik walaupun bergantung pada lensanya. Untuk Canon 40D memiliki 10mp, 50D memiliki 15mp, serta 7D memiliki 18mp. Dan ini lebih tinggi daripada Nikon yang tetap bertahan pada 12mp.

Nikon: jika dibandingkan Canon, system Nikon juga komplit. Nikon juga memiliki banyak lensa yang berkualitas tinggi serta lebih mahal dari Canon. Untuk kamera yang canggih, misalnya D300s, D700, D3; auto fokusnya bekerja lebih baik, pengendalian noise pada ISO tinggi sekelas diatas merek lain sehingga cocok digunakan untuk foto dikondisi ruangan gelap.

Berbeda dengan Canon, untuk kamera pemula Nikon tidak begitu bagus. Antara muka yang kurang baik, susunan menu kurang rapi serta tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses setingan yang dipakai oleh user.

Sedangkan, untuk kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto focus. Sehingga, mengakibatkan pada lensa-lensa lama harus menggunakan manual focus. Filosofi Nikon tetap bertahan menggunakan sensor 12 mp untuk semua kamera pada kelas menengah atas, tetapi Nikon lebih focus pada kontrok noise, bintik-bintik pada gambar yang muncul di setting ISO yang tinggi.

Dari ulasan diatas semuanya kembali kepada anda, sesuaikan kamera DSLR dengan kebutuhan pribadi anda. IAN/LI-10