LENSAINDONESIA.COM: Nasib Nanik Handayani (39), janda muda dengan dua orang anak ini benar-benar tragis. Awalnya bertujuan mulia, yakni mencari jodoh. Namun, dia malah menjadi korban penipuan.

Janda yang tinggal di Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ini tertipu oleh seorang ‘broker cinta’, yang tak lain masih tetangganya sendiri. Dengan janji mencarikan suami, Nanik diminta uang puluhan juta.

Pelaku penipuan itu dilakukan oleh Irianah (48), warga Kelurahan Tasikmadu, Kecamatan Palang, Tuban. Saat itu, Irianah berjanji akan memperkenalkan Nanik dengan seorang laki-laki yang bekerja di BPN (Badan Pertanahan Nasional) Tuban.

Namun, ditengah janjianya Irianah meminta Nanik uang puluhan juta dengan alasan untuk kebutuhan laki-laki yang bakal dikenalkan itu.

“Saat dimintai sejumlah uang itu, korban langsung mentranfer sejumlah uang kepada rekening pelaku. Dan pelaku itu sudah beberapa kali meminta uang dari korban,” ujar Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Nursento.

Akhirnya, nanik pun curiga. Dan menelusuri sendiri keberadan laki-laki yang bakal dijodohkan itu. “Setelah korban mencari nama tersebut hanya fiktif, dan nomor HP yang diberikan kepada korban adalah nomor pelaku. Merasa ditipu, korban langsung melaporkan pelaku kepada polisi,” tandasnya.

Kepada petugas Nanik mengaku, sudah mengirim uang kepada Irianah sebesar Rp 22.750.000. “Kini pelaku sudah kita amankan, dan kita masih melakukan penyelidikan terhadap pelaku. Karena, kemungkinan masih ada korban yang lain,” jelas Nursento. DAE/LI-10