LENSAINDONESIA.COM: Guna menekan angka kecelakaan lalu-lintas selama musim mudik Lebaran 2011, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Perhubungan Republik Indonesia menggelar mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua secara nasional.

Mudik gratis kendaraan roda dua yang dilakukan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI ini terbilang unik, pasalnya, kendaraan roda dua (motor) yang digunakan pemudik akan diangkut dengan truk semantara orangnya (pemudik) akan diangkut menggunakan bus sesuai dengan tujuan  di masing-masing daerah.

“Ini salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan dan menciptakan kenyamanan pemudik. Faktor kelelahan akibat jarak yang ditempuh serta membawa barang yang berlebihan merupakan salah satu resiko penyebeb kecelakaan bagi para pemudik pengguna roda dua,” kata Surojo Alimoeso, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementrian Pergubungan RI, usai mengelar rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran di Jawa Timur di JW Marriot Hotel Surabaya, (18/8).

Surojo mengemukakan, saat ini mudik gratis kendaraan roda dua telah dilakukan persiapan di beberapa daerah diantaranya, Semarang, Jogja dan Purwakarta.

“Saat ini yang mudik gratis kendaraan roda dua ada dari Jabodetabek tujuan Semarang, Jogja dan Purkarta. Untuk Jawa Timur belum. Bila diperlukan akan kita koordinasikan,”ujarnya.

Surojo menambahkan, bahwa mudik gratis kendaraan roda dua ini bisa diselangarkan setelah Dirjan Perhubungan Darat berkerjasama dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (disingkat ATPM) kendaraan bermotor dan PT Jasa Raharja.

“Kami himbau kepada pemudik roda dua yang tidak mengikuti mudik gratis ini agar tetap waspada sebab kondisi badan pengemudi kendaraan roda dua tidak stabil jika terkena cuaca. Kalau bisa tiap dua jam perjalanan beristirahat agar kondisi tubuh tetap terjaga,” pungkasnya.rid/LI-07