LENSAINDONESIA.COM: Isi Al Qur’an adalah Kalamullah (ucapan Allah) yang tidak pernah diragukan kebenarannya, apalagi salah, tidak pernah terjadi di Kitab suci umat Islam ini, kata Drs. KH. Abdullah Rifai ketika menyampaikan tausiahnya pada peringatan Nuzulul Qur’an 1432 H, Kamis (18/8) di Masjid Attaqwa Kodam V Brawijaya.

Ayat-ayat suci Al Qur’an selain memiliki mukjizat dan kharomah yang tinggi, juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit manusia, baik itu penyakit lahir maupun penyakit bathin.

Dicontohkan oleh ustadz yang sering berkhotbah Jum’at di Masjid Kodam V Brawijaya ini adalah apabila ada orang yang sakit gigi, maka bacaan ayat terakhir dari Surat Yasin bisa menjadi penyembuhnya.

Caranya bagaimana, menurut pimpinan Ponpes Jabal Nur Taman Sidoarjo ini pertama mangambil air wudlu kemudian melaksanakan solat sunnah dua rokaat dengan memohon kepada Allah untuk segera sembuh dari sakit gigi, kemudian jari telunjuk diletakkan pada bagian gigi yang sakit sambil membaca ayat terakhir dari surat Yasin sebanyak 3X, Insya Allah tidak sampai tiga kali sudah sembuh.

Contoh lainnya adalah untuk menyembuhkan rasa gelisah yang tidak pernah tahu apa penyebabnya, surat Insiroh bisa dibaca waktu melaksanakan sholat, baik fardlu maupun sunnah sebanyak banyaknya, Insya Allah hati yang gelisah tadi akan dibalik oleh Allah menjadi hati yang penuh ketentraman dan kebahagiaan.

Ustadz yang memiliki suara khas berat dan mantap ini juga menyampaikan tentang amal perbuatan. Dijelaskan bahwa dihadapan Allah tidak ada amal kecil ataupun amal besar. Walaupun amal itu kecil menurut ukuran manusia, tetapi apabila Allah menerima amalan tersebut, niscaya akan memberikan akibat yang sangat besar sekali, demikian juga sebaliknya apabila amalan itu besar menurut takaran manusia dan amalan tersebut tidak diterima oleh Allah, maka amalan yang menurutnya besar itu tidak ada artinya sama sekali.

Sedangkan Pangdam V Brawijaya dalam sambutannya mengatakan Al-Quran yang kita kenal saat ini bukan hanya sekedar sebagai simbol pelengkap pedoman umat Islam dalam kehidupan sehari-hari saja, bukan pula hanya sekedar dibaca dengan alunan suara yang merdu dengan aturan tajwid semata, namun Al-Qur’an akan lebih bermakna bagi kehidupan kita, jika kita mau memahami dan mengamalkan isi kandungannya dengan baik, sehingga kita menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dalam arti yang sebenarnya.

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini yang dihadiri oleh Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI M. Setyo Sularso, para Asisten Kasdam V Brawijaya, para Komandan/Kepala Dinas Jawatan jajaran Kodam V Brawijaya serta para anggota Kodam V Brawijaya beserta keluarga besarnya ini mengambil thema “DENGAN HIKMAH PUASA RAMADHAN, NUZULUL QUR’AN DAN IDUL FITRI TAHUN 1432 H/2011 M KITA MANTAPKAN DISIPLIN DAN PROFESIONALISME PRAJURIT TNI DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA”.bam/LI-07