LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 797 prajurit Satgas Yonmek Konga XXIII-E/UNIFIL atau yang lebih dikenal dengan sebutan INDOBATT (Indonesian Battalion) menjalankan ibadah Umrah ke Tanah Suci Mekkah, Saudi Arabia dalam tiga gelombang.

Keterangan pers Indobatt dari Lebanon yang diterima LIcom, Jumat (19/8/2011) menjelaskan, gelombang pertama berangkat tanggal 3 Maret 2011 dan diakhiri gelombang delapan yang kembali dari Mekah dan tiba kembali di Lebanon, Rabu (17/8/2011).

Sebanyak 151 prajurit melaksanakan umrah bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1432 Hijriyah. Komandan Indobatt, Letkol Inf Hendy Antariksa mengatakan kegiatan umrah ini merupakan rangkaian cuti yang diberikan oleh UNIFIL kepada personel peacekeepers yang bertugas di Lebanon Selatan. Selain Umrah, prajurit Indobatt juga bisa melaksanakan cutinya dengan tujuan ke Tanah Air, Indonesia.

Sebelum berangkat umrah ke tanah suci Mekah, terlebih dahulu melakukan manasik umrah di lapangan Soekarno, Markas Indobatt, dengan dipandu oleh Pabintal Indobatt, Mayor Sus H. Achmad Evi Mukafi, S.Ag.

Ibadah umrah yang dilakukan prajurit Indobatt ini berlangsung selama 7 hari, 3 hari di Madinah dan 4 hari di kota Mekah. Selama di Madinah, mereka melakukan ziarah keMasjid Nabawi, yang mana didalam masjid tersebut terdapat Makam Nabi Muhammad SAW, Makam Abu Bakar Assidiq RA dan Makam Umar Bin Khatab RA.

Selain itu, mereka juga melaksanakan ziarah ke Masjid Kuba, yaitu masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW, makam Baqi, dan makam para Syuhada Uhud.

Setelah selesai melakukan ziarah di Madinah, dilanjutkan perjalanan darat menuju Masjidil Haram di kota Mekah yang didahului dengan melakukan miqot di Masjid Bir Ali, perjalanan dari Madinah ke Mekah ditempuh dalam waktu 6 jam dengan sekali istirahat untuk melakukan buka puasa di daerah Afroh.

Sesampainya di kota Mekah, langsung menuju ke penginapan untuk makan malam, selesai makan malam dilanjutkan menuju Masjidil Haram untuk melakukan ibadah Umrah, selama di Madinah dan di Mekah, prajurit Indobatt dipandu oleh pemandu yang telah disediakan oleh PT. Ambassador Tour. S

elama di kota Mekah, selain melaksanakan ibadah Umrah, juga mengunjungi tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama yaitu Gua Hira, kemudian ke Jabal Rohmah yaitu tempat dipertemukannya Nabi Adam AS dengan Siti Hawa, lalu dilanjutkan menuju ke Padang Arofah dan Mina.

Suhu udara Kota Mekah yang begitu panas ( 48-50 derajat ) tidak mengurangi kekhusukan prajurit Indobatt selama melaksanakan Umrah di Masjidil Haram.bjk/bam/LI-07