LENSAINDONESIA.COM: Jumlah PNS Pemkot Surabaya yang membayar Zakat, Infaq dan Sodakoh (ZIS) di sekretariat ZIS masih sedikit.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Surabaya, tak banyak SKPD ataupun institusi di lingkungan Pemkot Surabaya yang rutin membayar ZIS.

Seperti dari 31 kecamatan yang ada di Surabaya, hanya empat kecamatan yang menyetorkan ZIS ke BAZ Kota Surabaya. Keempat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kenjeran, Gubeng, Rungkut dan Mulyorejo.

“Data tersebut data terakhir per 30 Juli 2011,” kata Wakil Sekretrasi II BAZ Kota Surabaya, Abdul Andika, dikonfirmasi, Kamis (18/8).

“Kalau dipresentasikan ya hanya sekitar kurang dari 40 persen. Maklum disini tak ada perda yang mengaturnya. Hal ini tentunya berbeda dengan yang ada di Sidoarjo yang sudah ada Perdanya. Kalau di Surabaya baru sebatas imbauan dari BAZ. Kalau imbauan kan tak harus dilaksanakan,” tutur Andika.

Terkait pendistribusian ZIS, Andika menjelaskan, ZIS yang sudah diterima BAZ Kota Surabaya disubkan lagi ke BAZ kecamatan. Terkadang pula, pihak dinas atau instansi yang menyetorkan ZIS ke BAS Kota Surabaya, menyertakan pula beberapa nama yang diusulkan untuk menjadi penerima ZIS. “Biasanya penerimanya berada di sekitar dinas itu sendiri,” terang Andika.

Seperti dalam penyaluran ZIS pada peringatan HUT RI ke-66 ini, BAZ Kota Surabaya mendistribusikan ZIS sebanyak Rp110 juta lebih.

Dari Rp110 juta tersebut, dibagikan kepada 285 fakir miskin sebanyak Rp85,5 juta, 58 pembersih atau penjaga masjid sebanyak Rp17,4 juta, empat renovasi tempat ibadah sebanyak Rp4 juta, dan untuk promo atau imbauan ZIS dan fisabilillah sebesar Rp3,1 juta.

Menjelang lebaran nanti, kata Andika, BAZ Kota Surabaya kembali akan membagikan zakat. Tapi mengenai jumlah zakat yang akan dibagikan, sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Untuk sementara, sudah ada 70 proposal pengajuan zakat dari masyarakat. Baik pengajuan secara personal maupun pengajuan secara kelompok.

“Nanti akan kita cek lagi proposal-proposal yang sudah masuk,” tandasnya.ali/LI-07